Penerapan Metode Hanifida Dalam Menghafal 99 Al-Asma AlHusna Di Pondok Pesantren Al-Azhar Muncar Banyuwangi Tahun 2018/2019.

Fitriyani, Ms (2018) Penerapan Metode Hanifida Dalam Menghafal 99 Al-Asma AlHusna Di Pondok Pesantren Al-Azhar Muncar Banyuwangi Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Fitriyani_084 141 462.pdf

Download (6MB)

Abstract

99 al-Asmaul al-Husna merupakan nama-nama Allah yang agung dan baik. Menghafal al-Asma al-Husna itu adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. oleh karena itu Allah memerintahkan kepada umat islam siapa saja yang menghafal dan mengamalkan sifat-sifat tersebut dan berdoa dengan menyebut nama-nama Allah maka Allah akan mengabulkan doa tersebut. Sejak dulu hingga sekarang banyak sekali orang yang hanya bisa menghafal 99 alAsma al-Husna dengan urut saja tidak bisa menghafal secara acak maupun mundur. Oleh karena itu pondok pesantren al-Azhar Banyuwangi memiliki metode menghafal yang unik yang bisa menghafal 99 al-Asma al-Husna secara acak maupun mundur. Di dalam pesantren tersebut terdapat pesantren putra dan putri, adapun yang diteliti ialah pesantren putrinya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penelitiannya adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode hanifida dalam menghafal 99 al-asma al-husna di pondok al-azhar muncar banyuwangi tahun 2018/2019?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode hanifida dalam menghafal 99 al-asma al-husna di pondok alazhar muncar banyuwangi tahun 2018/2019?, 3) Bagaimana evaluasi metode hanifida dalam menghafal 99 al-asma al-husna di pondok pesantren al-azhar muncar banyuwangi tahun 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode hanifida dalam menghafal 99 al-asma al-husna di pondok al-azhar muncar banyuwangi tahun 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode hanifida dalam menghafal 99 al-asma al-husna di pondok al-azhar muncar banyuwangi tahun 2018/2019, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode hanifida dalam menghafal 99 al-asma al-husna di pondok pesantren al-azhar muncar banyuwangi tahun 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, data display dan verifikasi/kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan yaitu membuat jadwal kegiatan dan menyiapkan ustad/ustadzah Hanifida, menyiapkan buku pedoman Hanifida, 2) Pelaksanaan yaitu menghafal terlebih dahulu rumus angka primer dan sekunder menggunakan lagu kemudian rumus angka primer dan sistem cerita, 3) Evaluasi yaitu dengan menggunakan tes lisan kepada pengasuh, sebelum ke pengasuh terlebih dahulu santri di tes satu persatu di depan kelas oleh ustad/ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:54
Last Modified: 27 Mar 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21025

Actions (login required)

View Item View Item