Musdalifah, Ms (2018) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Musdalifah_084128011.pdf Download (7MB) |
Abstract
Belajar merupakan proses internal yang kompleks. Yang terlibat dalam proses internal tersebut adalah seluruh aspek mental yang meliputi ranah-ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Belajar harus dilakukan dengan sungguhsungguh, konsentrasi dan disiplin, agar ketiga aspek tersebut bisa benar-benar terlibat dalam proses belajar. Akan tetapi, sering ditemukan adanya kebiasaan belajar yang kurang baik. Untuk sebagian, kebiasaan tersebut disebabkan oleh ketidakmengertian siswa pada arti belajar bagi diri sendiri. Hal ini dapat diperbaiki dengan pembinaan disiplin belajar. Dalam hal ini, lingkungan keluarga memiliki peran yang sangat besar karena keluarga adalah tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak-anaknya. Permasalahan tentang kedisiplinan belajar dan lingkungan keluarga ini juga terjadi di salah satu lembaga yang ada di Kabupaten Jember, yaitu di SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini secara umum adalah adakah pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua sub masalah yaitu 1) Adakah pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar di rumah siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Adakah pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar di sekolah siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan Khusus terbagi menjadi dua yaitu 1) untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar di rumah siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar di sekolah siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, angket, dokumenter dan wawancara. Sedangkan analisis datanya menggunakan paradigma penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis product moment. Kesimpulan dari penelitian ini secara umum adalah terdapat pengaruh positif yang cukup bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Tahun Pelajaran 2017/2018. Kesimpulan khusus dibagi menjadi dua yaitu 1) Terdapat pengaruh positif yang cukup bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar di rumah SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Tahun Pelajaran 2017/2018., 2) Terdapat pengaruh positif yang agak rendah bimbingan belajar orang tua terhadap kedisiplinan belajar di sekolah siswa SDN 04 Petung Kecamatan Bangsalsari Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 07:03 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 07:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21030 |
Actions (login required)
View Item |