Kharmain, Mufti Ilyas (2018) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan metode Project Based Learning di SMP Negeri 07 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mufti Ilyas Kharmain_084141141.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah salah satu mata pelajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa dalam menyelesaikan pendidikannya pada tingkat tertentu. Pendidikan yang berkualitas akan tercapai dengan optimal jika didukung dengan proses pembelajaran berkualitas. Untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas maka guru harus memahami metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan peserta didik dan materi yang diajarkan. Penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan keadaan peserta didik dan materi yang diajarkan sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar dan kurangnya pemahaman pada materi yang diajarkan.Salah satu metode pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajran di kelas adalah pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah(1)Bagaimanakah perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan metode Project Based Learning kelas VII di SMP Negeri 07 Jember tahun pelajaran 2017/2018(2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan metode Project Based Learning kelas VII di SMP Negeri 07 Jember tahun pelajaran 2017/2018(3)Bagaimanakah evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan metode Project Based Learning kelas VII di SMP Negeri 07 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaa, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan metode Project Based Learning kelas VII di SMP Negeri 07 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analis data menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi data dan sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Perencanaan ,pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menggunakan metode Project Based Learning kelas VII SMP Negeri 07 Jember tahun pelajaran 2017/2018,proses perncanaan guru membuat sebuah perencanaan sebelum melaksanakan pembelajaran dalam merumuskan tugas atau proyek yang harus diselesaikan seorang guru berkolaborasi dengan siswa dan guru hanya memberikan arahan hal-hal yang harus dilaksanakan atau teknik-teknik dalam pembelajaran dan peserta didik berkreasi sesuai kemampuan dan kerjasama antar sesama kelompoknya.Proses Pelaksanaan pembelajaran dalam penerapannya di kelas melalui beberapa langkah-langkah (1) seorang guru memberikan pertanyaan yang sangat mendasar untuk memberikan rangsangan terhadap peserta didik,(2) membentuk kelompok sesuai jumlah peserta didik yang terdapat didalamnya,3) menyusun kegiatan proyek atau tugas yang harus dilaksanakan dan terakhir diselesaikan,(4) mengevaluasi proses dan hasil proyek atau tugas yang telah dilaksanakan oleh peserta didik.Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif didalamnya mencakup dari ketiga klasifikasi tujuan pembelajaran yang diharapkan, yakni dari aspek afektif, kognitif, maupun psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 07:01 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 07:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21031 |
Actions (login required)
View Item |