Pemanfaatan Microsoft Word dan Microsoft Excel dalam Pelayanan Administrasi di Sekolah Menengah Kejuruan Ma'arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember

Lu'luatul Maqnunah, Tri Yuni (2023) Pemanfaatan Microsoft Word dan Microsoft Excel dalam Pelayanan Administrasi di Sekolah Menengah Kejuruan Ma'arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI KUANTITATIF TRI YUNI LM SIAP CETAK.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tri Yuni Lu’luatul Maqnunah, 2023: ‘’Pemanfaatan Microsoft Word dan Microsoft Excel dalam Pelayanan Administrasi di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember’’
Kata Kunci: Microsoft word microsoft excel dan pelayanan administrasi.
Dalam dunia pendidikan, Teknologi berperan penting dalam bidang keadministrasian seperti halnya dalam pembuatan surat massal secara otomatis, penghitungan angka secara statistik, pembuatan rapot siswa dan masih banyak lagi kegunaan dan peranan teknologi dalam dunia pendidikan di bagian pendidikan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelayanan administrasi sebelum memanfaatan microsoft word dan microsoft excel di SMK Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelayanan administrasi sesudah memanfaatan microsoft word dan microsoft excel di SMK Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember? 3) Adakah perbedaan signifikan antara pelayanan administrasi sebelum memanfaatan microsoft word dan microsoft excel dengan pelayanan administrasi sesudah memanfaatan microsoft word dan microsoft excel di SMK Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember atau tidak?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelayanan administrasi sebelum memanfaatan microsoft word dan microsoft excel di SMK Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelayanan administrasi sesudah memanfaatan microsoft word dan microsoft excel di SMK Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember. 3) Untuk menguji adanya perbedaan signifikan antara pelayanan administrasi sebelum memanfaatan microsoft word dan microsoft excel dengan pelayanan administrasi sesudah memanfaatan microsoft word dan microsoft excel di SMK Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Experimental Design bentuk One Group Pretest-posttest Design. Metode ini merupakan penelitian metode experiment dengan memberikan tes sebelum diberikan perlakuan pre-test Setelah itu diberi perlakuan berupa post-test. Dalam penelitian ini juga untuk menguji hipotesis untuk mengetahui perbedaan signifikan dari eksperimen tersebut.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Sebelum adanya pelatihan, tenaga administrasi SMK Ma’arif 08 Wuluhan belum menguasai pemanfaatan microsoft word dan microsoft excel. 2) setelah adanya pelatihan, tenaga administrasi SMK Ma’arif 08 Wuluhan Kabupaten Jember memiliki peningkatan dan bisa menguasai pemanfaatan microsoft word dan microsoft excel lebih baik lagi. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pelayanan administrasi sebelum pemanfaatan microsoft word dan microsoft excel dengan pelayanan administrasi sesudah memanfaatkan microsoft word dan microsoft excel. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan nilai pre-test dan post-test pemanfaatan microsoft word dengan nilai signifikansi (2-Tailed), P = 0,004 < 0,05. Hipotesis nol (H0) pada penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sedangkan nilai pre-test dan post-test pemanfaatan microsoft excel dengan nilai signifikansi (2-Tailed), P = 0,002 < 0,05. Hipotesis nol (H0) pada penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang mana terdapat perbedaan yang mencolok diantara kedua test yaitu nilai pre-test yang dilaksanakan sebelum adanya perlakuan sebuah pelatihan pemanfaatan microsoft word dan microsoft excel dan post-test yang dilaksanakan setelah adanya pelatihan pemanfaatan microsoft word dan microsoft excel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Tri Yuni Lu'luatul Maqnunah
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:28
Last Modified: 30 Mar 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item View Item