PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS CORDOVA KECAMATAN TEGALSARI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

saputra, wahyu agung (2023) PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS CORDOVA KECAMATAN TEGALSARI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU WM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : budaya sekolah, efektivitas pembelajaran, SMP Plus Cordova.
Budaya sekolah adalah adat atau istiadat yang dimiliki oleh lembaga
Pendidikan sekolah yang sudah ada sejak lama dan diturunkan dari generasi
kepada generasi berikutnya, budaya sekolah di lingkungan lembaga SMP Plus
Cordova diupayakan menjadi kontribusi penting dalam meningkatkan efektivitas
pembelajaran, budaya sekolah yang baik diyakini akan sejalan dengan efektivitas
pembelajaran yang dilaksanakan di lembaga tersebut.
Fokus penelitian yang akan didalami peneliti pada pembahasan ini adalah
mengenai : 1) Bagaimana perencanaan budaya sekolah dalam meningkatkan
efektivitas pembelajaran di SMP Plus Cordova tahun pelajaran 2022/2023?, 2)
bagaimana pelaksanaan budaya sekolah dalam meningkatkan efektivitas
pembelajaran di SMP Plus Cordova tahun pelajaran 2022/2023?, 3)
bagaimana evaluasi budaya sekolah terhadap efektivitas pembelajaran di SMP
Plus Cordova tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan bagaimana
perencanaan budaya sekolah di SMP Plus Cordova tahun pelajaran 2022/2023 2)
mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan budaya di SMP Plus Cordova tahun
pelajaran 2022/2023. 3) Mengetahui bagaimana evaluasi budaya sekolah terhadap
efektivitas pembelajaran di SMP Plus Cordova tahun pelajaran 2022/2023
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan jenis pembahasan deskriptif, dengan menggunakan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun
Langkah-langkah pengumpulan data diawali dengan pengumpulan data,
kondensasi data , penyajian data dan pada proses terakhir yaitu penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan pertama, perencanaan budaya sekolah
berdasarkan analisis kebutuhan, perumusann tujuan dan sasaran perencanaan,
Penentuan dan penggarisan kebijakan, rumusan progam dan proyek kegiatan,
mengalokasikan sumber-sumber yang tersedia, serta terakhir dengan Pelaksanaan
rencana. Hasil kedua pelaksanaan budaya sekolah meliputi budaya disiplin,
budaya bersih, budaya literasi dan terakhir budaya 5S. hasil ketiga mengenai
evaluasi budaya sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dimulai
dengan pengumpuan informasi, memproses informasi, membentuk pertimnagan
dan terakhir membuat keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: wahyu agung saputra
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:32
Last Modified: 29 Mar 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21064

Actions (login required)

View Item View Item