Amalina, Dina (2018) Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Dina Amalina_083144121.pdf Download (2MB) |
Abstract
Program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang merupakan salah satu program untuk menyeimbangkan antara keuntungan ekonomi dan kontribusi perusahaan terhadap ekonomi, sosial, masyarakat, dan lingkungannya. Perusahaan makanan dan minuman memiliki tingkat produksi yang tinggi. Dalam proses produksinya perusahaan ini juga menyumbangkan limbah produksi terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat pula mengganggu kehidupan masyarakat sekitar pabrik. Untuk itu masyarakat membutuhkan informasi mengenai sejauh mana perusahaan sudah melaksanakan aktifitas sosialnya sehingga hak masyarakat untuk hidup aman dan tentram, kesejahteraan karyawan, dan keamanan mengkonsumsi makanan dan minuman dapat terpenuhi. Jika masyarakat menganggap perusahaan tidak memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya serta tidak merasakan kontribusi secara langsung bahkan merasakan dampak negatif dari beroperasinya sebuah perusahaan maka akan menimbulkan resistensi masyarakat karenanya pengungkapan CSR merupakan hal penting yang harus diperhatikan perusahaan. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah; a. Apakah profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara parsial terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan manufaktur makanan dan minuman di BEI ?. b.Apakah profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan manufaktur makanan dan minuman di BEI ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: a. Menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara parsial terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan manufaktur makanan dan minuman di BEI. b. Menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan manufaktur makanan dan minuman di BEI..Adapun metodologi dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data dan dipublikasikan kepada masyarakat pengguna data. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari laporan tahunan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas, Leverage, tidak berpengaruh positif secara parsial dan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif secara parsial terhadap pengungkapan. Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan manufaktur makanan dan minuman di BEI periode 2016-2014. Sedangkan secara simultan Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif secara simultan terhadap pengungkapan. Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan manufaktur makanan dan minuman di BEI periode 2016-2014. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 08:07 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 08:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21083 |
Actions (login required)
View Item |