Kholid, Moh. (2018) Diferensiasi Produk Dalam Menghadapi Persaingan Industri Pada Perusahaan Roti Netral di Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MOH. KHOLID_083 144 125.pdf Download (1MB) |
Abstract
Diferensiasi adalah proses memberikan dan menambahkan serangkaian perbedaan yang dinilai penting, untuk membedakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan itu dari pesaing, meskipun terkadang dilakukan berdasarkan atribut- atribut yang tidak relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pola diferensiasi produk dalam menghadapi persaingan industri pada perusahaan Roti Netral di Kabupaten Bondowoso 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat diferensiasi produk dalam menghadapi persaingan industri pada perusahaan Roti Netral di Kabupaten Bondowoso. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah; Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi produk dalam menghadapi pesaing pada perusahaan Roti Netral di Kabupaten Bondowoso telah dijalankan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat diantaranya pada 1) Pola diferensiasi produk dalam mengahadapi persaingan industri pada perusahaan Roti Netral dilakukan dengan cara variasi bentuk, fitur produk, mutu kerja karyawan, mutu kesesuaian produk, daya tahan produk, keandalan produk, mudah diperbaiki dan gaya perusahaan dalam mengembangkan produk.2) Faktor pendukung dan penghambat diferensiasi produk dalam mengahadapi persaingan industri pada perusahaan Roti Netral dapat dilihat dari faktor pendukung perusahaan dalam mengembangkan produknya tidak menggunakan bahan pengawet, sedangkan faktor penghambat perusahaan dari faktor eksternal yang disebabkan dengan adanya pesaing baru dan faktor internal perusahaan disebabkan oleh barang produksi yang rusak. Kata kunci : Diferensiasi Produk Dalam Menghadapi Persaingan Industri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 08:09 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 08:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21110 |
Actions (login required)
View Item |