Pengembangan Desa Wisata Berbasis E-Marketing di Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi.

Fitriyah, Ms. (2018) Pengembangan Desa Wisata Berbasis E-Marketing di Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. FITRIYAH_083144079.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan sektor pariwisata merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat baik di tingkat lokal maupun global. Salah satu tren perkembangan pariwisata dalam beberapa tahun belakangan adalah perkembangan model pariwisata berbasis Desa Wisata. Pada tahun 2017 kemarin Pemkab Banyuwangi bersama DPRD setempat telah menerbitkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Desa Wisata. Salah satu desa di Kabupaten Banyuwangi yang terpilih menjadi desa yang berhasil mengelola potensi pariwisatanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Desa yang terletak di lereng gunung ijen tersebut meraih penghargaan “Desa Wisata Award” dari kementerian desa, pembangunan desa tertinggal dan transmigrasi (Kemendes PDT) dalam kategori pemanfaatan jejaring bisnis. Selain itu, Desa Tamansari menjadi Pilot Project “Smart Kampung”, julukan itu diberikan karena desa tersebut menjadi pionir percepatan pelayanan publik di level desa. Desa Wisata Tamansari semakin buming dikalangan masyarakat luas, hal ini dikarenakan pengembangan Desa Wisata di Tamansari sudah menggunakan model pemasaran Electronic Marketing (E-marketing). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengelolaan desa wisata di Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi? (2) Bagaimana pengembangan desa wisata berbasis e-marketing di Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengelolaan desa wisata di Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui pengembangan desa wisata berbasis e-marketing di Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Pengelolaan Desa Wisata di Tamansari terjadi karena adanya wisata kawah Ijen yang berada di kawasan Desa Tamansari. Dimana strategi BUMDes merupakan peran utama dalam pengelolaan maupun pengembangan Desa Wisata Tamansari. Pengelolaan kawasan Desa Wisata tumbuh dan menyatu dengan struktur kehidupan masyarakat. (2) Pengembangan Desa Wisata berbasis e-marketing di Tamansari dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet dalam kegiatan pemasaran produk-produk wisatanya. Kemudian pengembangan lainnya yaitu menambah sarana dan prasarana obyek daya tarik Desa Wisata Tamansari, yang mana dapat berimplikasi terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, pengembangan Desa Wisata Tamansari juga bekerjasama dengan berbagai pihak atau lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:46
Last Modified: 29 Mar 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21139

Actions (login required)

View Item View Item