Analisis SWOT Terhadap Pemasaran Usaha Ternak Ayam Potong Mas’ud Efendi Di Desa Wateskulon Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang

Hafidz, Muhammad (2018) Analisis SWOT Terhadap Pemasaran Usaha Ternak Ayam Potong Mas’ud Efendi Di Desa Wateskulon Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Hafidz_083 134 111.pdf

Download (21MB)

Abstract

Dalam dunia kewirausahaan tentu banyak hambatan-hambatan, utamanya dalam segi pemasaran seperti usaha ternak ayam potong Mas’ud Efendi Di Desa Wateskulon Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang. Fokus masalah yang diteliti: 1) Bagaimana analisis SWOT terhadap produk usaha kemitraan ternak ayam potong Mas’ud Efendi di Desa WateskulonRanuyoso-Lumajang? 2) Bagaimana analisis SWOT terhadap Harga usaha kemitraan ternak ayam potong Mas’ud Efendi di desa Wateskulon-RanuyosoLumajang? 3) Bagaimana analisis SWOT terhadap tempat/saluran distribusi usaha kemitraan ternak ayam potong Mas’ud Efendi di desa Wateskulon-RanuyosoLumajang? 4) Bagaimana analisis analisis SWOT terhadap promosi usaha kemitraan ternak ayam potong Mas’ud Efendi di Desa Wateskulon-RanuyosoLumajang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan analisis SWOT terhadap produk usaha kemitraan ternak ayam potong Mas’ud Efendi di Desa Wateskulon-Ranuyoso-Lumajang 2) Mendeskripsikan analisis SWOT terhadap Harga usaha kemitraan ternak ayam Mas’ud Efendi potong di Desa WateskulonRanuyoso-Lumajang. 3) Mendeskripsikan analisis SWOT terhadap Tempat/saluran usaha kemitraan ternak ayam potong Mas’ud Efendi di Desa Wateskulon-Ranuyoso-Lumajang. 4) Mendeskripsikan analisis SWOT terhadap promosi usaha kemitraan ternak ayam potong Mas’ud Efendi di Desa Wateskulon-Ranuyoso-Lumajang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini: 1. Analisis SWOT Terhadap produk Strategi SO meminta bibit ayam yang unggul, WO memberikan obat-obatan khusus pada ayam yang terkena penyakit, ST memilih pakan ternak yang berkualitas, WT melakukan perawatan khusus terhadap ayam yang terkenak penyakit. 2. analisis SWOT terhadap Harga: Strategi SO memperbanyak jumlah produksi pada saat hari-hari besar, WO menggunakan harga dibawah pesaing meskipun pada hari-hari besar, ST memberikan harga yang murah pada ayam lokalan, WT menempatkan waktu panen pada hari-hari besar 3. Analisis SWOT terhadap Tempat/ saluran distribusi: Strategi SO memperluas jaringan pemasaran melalui konsumen tetap, WO memiliki lahan atau tempat sendiri, ST memaksimalkan kualitas produknya, WT ayam lokalan atau afkiran ayam lokalan dijual pada konsumen yang berminat saja 4. Analisis SWOT terhadap promosi: Strategi SO berkomunikasi antar mitra di media sosial, WO meningkatkan tingkat promosinya lewat media sosial, ST Menambahkan media promosi selain lewat media sosial jugak lewat media masa, WT Memperbaiki promosi dengan tampilan yang lebih unik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:47
Last Modified: 29 Mar 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item