Manajemen Operasional Rumah Kreatif dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Banyuwangi

Sari, Novi Ratna (2018) Manajemen Operasional Rumah Kreatif dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novi Ratna Sari_083144012.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM merupakan suatu kegiatan ekonomi yang memiliki basis dikalangan masyarakat dengan keterjangkauan modal minim. Namun, bukan berarti dari ketersediaan modal minim, kemudian tidak akan menciptakan suatu perubahan taraf hidup yang pesat. Begitu pula di Banyuwangi UMKM berkembang pesat, sejumlah UMKM Banyuwangi pun mulai bekerja sama dengan jaringan ritel nasional. Pada tahun 2016 Pemkab Banyuwangi dengan menggandeng PT Bank Negara Indonesia (BNI) telah meluncurkan Market Place Banyuwangi Mall. Peluncuran dilakukan oleh Menteri BUMN dan Direktur Utama BNI. Mall yang pertama kali dibuka di banyuwangi. Memang bukan bangunan mall secara fisik seperti umumnya di kota-kota besar, namun mall virtual alias mall online. Pemkab banyuwangi memfasilitasi pembentukan Rumah Kreatif yang berada dijalan ahmad yani sebagai pusat operasional Banyuwangi Mall. Di gedung ini, aktivitas mulai dari administrasi, penanganan order, pengiriman barang, hingga kegiatan kreatif seperti pemotretan produk dan desain grafis UMKM dilakukan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Manajemen Operasional Rumah Kreatif dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Banyuwangi? (2) Bagaimana Strategi Manajemen Operasional Rumah Kreatif dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Banyuwangi? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk Mengetahui Manajemen Operasional Rumah Kreatif dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Banyuwangi. (2) Untuk Mengetahui Strategi Manajemen Operasional Rumah Kreatif dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Manajemen operasional Rumah Kreatif dalam meningkatkan daya saing UMKM di Banyuwangi di bagi sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing. Salah satunya yaitu sebagai operator dan sebagai ahli IT. Dengan adanya Rumah Kreatif ini para pelaku UMKM terbantu, terutama di promosi prodaknya. (2) Strategi manajemen operasional Rumah Kreatif dalam meningkatkan daya saing UMKM yaitu dengan adanya strategi seperti ini para pelaku UMKM mampu melakukan penetrasi pasar dengan baik, beberapa diantaranya sudah melakukan ekspor, dan kemasan yang awalnya hanya menggunakan plastik sekarang sudah didesain sebagus mungkin. Kata kunci: Manajemen Operasional dan Daya Saing UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:49
Last Modified: 29 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item