Khoiri, Nurish Shobahul (2017) Perananan KH. Muhyiddin Abdusshomad dalam Pendidikan Berwawasan Gender. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurish Shobahul Khoiri_084 131 098.pdf Download (4MB) |
Abstract
Di masa sekarang semua manusia baik laki-laki maupun perempuan wajib memiliki ilmu berbeda dengan dahulu di mana yang harus mempunyai ilmu lebih itu hanya laki-laki saja sedangkan perempuan tidak boleh melebihi laki-laki. Namun kini KH. Muhyiddin Abdusshomad selaku pendiri pesantren Nurul Islam yang bertempat di Antirogo kabupaten Jember tidak ingin membeda-bedakan antara lakilaki dan perempuan karena laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki kewajiban mencari ilmu setinggi-tingginya bahkan sampai akhir hayat. Stigma masyarakat tentang perempuan bahwa perempuan itu hanya di tiga tempat yaitu: dapur, sumur, dan kasur. Hal ini ingin dihilangkan oleh KH. Muhyiddin Abdussomad, dengan cara menunjukkan bahwa perempuan memiliki hak untuk meraih cita-citanya yang tinggi sama dengan laki-laki. Hal ini terbukti bahwa sesuai hasil observasi peneliti bahwasanya di Pesantren Nuris Jember perempuan diberi hak dan ruang serta kesempatan untuk mengembangkan bakat-minat yang dimilikinya seperti dalam berbisnis, berprofesi di lembaga formal sesuai bidangnya dan bersosialisasi dengan masyarakat. Fokus penelitian yang diteliti adalah :1) Bagaimana peranan kepemimpinan KH. Muhyiddin Abdusshomad dalam pendidikan Islam berwawasan gender di pesantren Nurul Islam(Nuris) Jember? 2) Bagaimana perilaku KH. Muhyiddin Abdusshomad dalam pendidikan Islam berwawasan gender di pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bentuk jenis penelitian berbentuk deskrriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Peran Kepemimpinan KH. Muhyiddin Abdusshomad Dalam Pendidikan Islam di Pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember. Peran kepemimpinan Kyai yaitu: a. Sebagai ulama’ kyai mengajarkan kepada santri laki-laki dan perempuan untuk mempunyai kecerdasan intektual yang sesuai dengan al-qur’an dan hadist agar ilmu yang dimiliki tidak melenceng dari ajaran Islam dan bermanfaat untuk di masa depannya. b. Sebagai pengendali sosial Kyai mengajarkan kepada santri laki-laki ataupun perempuan untuk membangun hubungan sosial dan mampu membimbinng masyarakat untuk menjadi lebih baik c. Sebagai murabbi Kyai mengajarkan akhlak dan spiritual kepada santri laki-laki dan perempuan. 2) Perilaku KH. Muhyiddin Abdusshomad dalam pendidikan Islam berwawasan gender di Pesantren Nurul Islam (Nuris) Jember. Kyai sebagai suri tauladan baik bagi santrinya maupun masyarakat dengan sifat yang dimiliki oleh kyai yaitu: a. Siddiq b. Amanah c. tablig d. Fathanah e. Istiqomah. Kyai mengharapkan santri laki-laki dan perempuan yang ada di pesantren Nuris bisa mengamalkan sifat-sifat tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 06:49 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21182 |
Actions (login required)
View Item |