Analisis Strategi Generik Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dan Pangsa Pasar (Studi Kasus CV. Bambu Manis Kec. Sumberasih Probolinggo)

Amalia, Rizky (2018) Analisis Strategi Generik Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dan Pangsa Pasar (Studi Kasus CV. Bambu Manis Kec. Sumberasih Probolinggo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZKY AMALIA_08314008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap usaha kecil (UKM) maupun usaha besar perlu adanya strategi dalam keberhasilan usaha yang dijalaninya untuk meningkatkan perluasan pangsa pasar dan daya saing. Strategi perusahaan perlu diterapkan untuk meminimalisir tenaga kerja, bahan baku, waktu yang diperlukan dalam proses produksi dan untuk mengungguli para pesaingnya. Dalam hal ini CV. Bambu Manis menerapkan strategi bersaing generik dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan pangsa pasar pada usaha kerajinan bambu untuk mempertahankan produknya di dalam pasar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi generik dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada usaha CV. Bambu Manis? (2) Bagaimana penerapan strategi generik dalam meningkatkan pangsa pasar pada usaha CV. Bambu Manis? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan strategi generik dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada usaha CV. Bambu manis, mendeskripsikan penerapan strategi generik dalam meningkatkan pangsa pasar pada usaha CV. Bambu manis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi generik terdiri dari strategi biaya rendah, diferensiasi dan fokus, namun CV. Bambu Manis usaha UMKM ini hanya menggunakan strategi fokus, penggunaan strategi fokus untuk memfokuskan usaha pada pelayanan konsumen dalam bentuk pesanan. Konsumen dapat memesan barang sesuai permintaan dan keinginannya dalam bentuk dan desain produk untuk memperoleh produk Bambu Manis sehingga inilah yang menjadi pembeda usaha CV. Bambu Manis dengan usaha lain. (2) penerapan strategi generik yang terdiri dari strategi biaya rendah, diferensiasi dan fokus juga dapat meningkatkan perluasan pasar atau pangsa pasar, namun CV. Bambu Manis hanya menggunakan atau menerapkan satu strategi dari ketiga strategi generik yaitu strategi fokus. strategi fokus untuk meningkatkan perluasan pasar, CV. Bambu Manis memfokuskan sasaran pasar atau segmen pasar pada satu sasaran yaitu konsumen kelas menengah ke atas. Dikarenakan konsumen Bambu Manis cenderung menyukai karya seni dan produk Bambu Manis dijadikan sebagai pusat bisnis. Kata kunci: strategi generik, keunggulan kompetitif dan pangsa pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21186

Actions (login required)

View Item View Item