Penggunaan Buku Kualitas Ibadah Dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Genteng KAb. Banyuwangi

Apriyantyo, Riswan Candra (2018) Penggunaan Buku Kualitas Ibadah Dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Genteng KAb. Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riswan Candra Apriyanto_084131265.pdf

Download (4MB)

Abstract

Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan nasional, dalam pendidikan agama diperlukan (a) paket-paket minimal bahan pendidikan agama dari masing-masing agama yang dianut dengan mempertimbangkan perkembangan jiwa anak didik; (b) guru agama yang cukup dan memenuhi syarat; (c) prasarana dan sarana pendidikan agama yang cukup dan memenuhi syarat; (d) lingkungan yang mendorong tercapainya tujuan pendidikan agama, diantaranya situasi sekolah, masyarakat dan peraturan perundang-undangan. Dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pada bab XI Tentang Pendidik dan tenaga kependidikan pasal 39 ayat 2 menjelaskan bahwa: Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik bagi perguruan tinggi. Adapun Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana metode penggunaan buku kualitas ibadah dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di SMA negeri 2 Genteng? 2) Bagaimana materi penggunaan buku kualitas ibadah dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di SMA negeri 2 Genteng ? 3) Bagaimana evaluasi dalam penggunaan buku kualitas ibadah di SMA Negeri 2 Genteng ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian menggunakan Purposive. Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi. Analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trangulasi teknik. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Metode yang digunakan dalam penggunaan buku kualitas ibadah tersebut menggunakan metode pembiasaan. (2) Materi Buku Kualitas Ibadah dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SMA Negeri 2 Genteng bahwasanya semua materi yang ada di dalam buku tersebut sudah dianggap cocok dan sesuai dengan usia beban peserta didik dan dapat meningkatkan perkembangan peserta didik. (3) Evaluasi dalam Penggunaan Buku Kualitas Ibadah di SMA Negeri 2 Genteng bahwasanya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengevaluasi buku kualitas ibadah menggunakan evaluasi non tes dan dengan teknik observasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21190

Actions (login required)

View Item View Item