STRATEGI PELAYANAN BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU NEGARA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENABUNG NASABAH NON MUSLIM DI KECAMATAN NEGARA JEMBRANA BALI

FITRIYANI FAUZIAH, 083 122 001 (2016) STRATEGI PELAYANAN BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU NEGARA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MENABUNG NASABAH NON MUSLIM DI KECAMATAN NEGARA JEMBRANA BALI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
halaman depaan.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Fitriyani Fauziah, 2016: Strategi Pelayanan Bank Muamalat Indonesia
Kantor Cabang Pembantu Negara dalam Menumbuhkan Minat Menabung
Nasabah Non Muslim di Kecamatan Negara Jembrana Bali.

Dalam dunia perbankan, strategi pelayanan merupakan salah satu faktor
penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah serta meningkatkan
citra perusahaan itu sendiri karena bank sebagai perusahaan penyedia jasa
keuangan sangatlah tergantung pada pelanggan atau nasabah yang menggunakan
jasanya. Karena peranan bank dalam kehidupan masyarakat tidak dapat
dilepaskan dari keberadaan nasabah yang sudah seharusnya mendapatkan
pelayanan terbaik dari bank.Terciptanya kepuasan pelanggan atau nasabah dapat
menjadikan hubungan antara penyedia jasa keuangan dengan pelanggannya
menjadi harmonis, yang selanjutnya akan menciptakan loyalitas pelanggan dan
akhirnya menguntungkan bagi perusahaan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
pelayanan Bank Muamalat Cabang Pembantu Negara? 2) Apa strategi yang
digunakan untuk menumbuhkan minat menabung nasabah non Muslim oleh Bank
Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Negara? 3) Bagaimana minat
menabung nasabah non Muslim di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang
Pembantu Negara?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelayanan Bank
Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Negara. 2) Strategi yang
digunakan oleh Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Negara dalam
menumbuhkan minat menabung nasabah non Muslim. 3) Mengetahui minat
menabung nasabah non Muslim di Bank Muamalat Cabang Pembantu Negara.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, menganalisis strategi pelayanan
Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Negara dalam
menumbuhkan minat menabung nasabah non Muslim di Kecamatan Negara
Kabupaten Jembrana Bali. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kualitas pelayanan yang baik pada suatu
perusahaan dapat dilihat dari 10 (sepuluh) dimensi diantaranya adalah kualitas
fisik, kredibilitas, kompeten, akses, reliabilitas, responsif, kesopanan, komunikasi,
memahami nasabah, keamanan. 2) Strategi yang digunakan dalam menumbuhkan
minat menabung nasabah non muslim dengan cara a. Bekerja sama dengan
perusahaan Hardy’s Group dan Rumah Sakit Ibu dan Anak “BUNDA”. b)
melakukan layanan pick up service untuk nasabah yang berada diluar wilayah
kanupaten Jembrana. 3) Pada tahun 2015 persentase jumlah pembuka rekening
tabungan non Muslim sebesar 35%.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: MINAT MENABUNG, NON MUSLIM
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:34
Last Modified: 02 Nov 2017 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item