Motivasi Berprestasi Siswa Berasrama dengan Siswa Non Asrama dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nikmah, Elis Rosida (2017) Motivasi Berprestasi Siswa Berasrama dengan Siswa Non Asrama dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elis Rosida Nikmah_084 131 470.pdf

Download (5MB)

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan suatu dorongan yang ada pada seseorang atau setiap individu untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki dalam mencapai prestasi yang tinggi dengan menuju kesuksesan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana motivasi berprestasi intrinsik siswa berasrama dengan siswa non asrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Jember ? 2) Bagaimana motivasi berprestasi ekstrinsik siswa berasrama dengan siswa non asrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Jember ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi intrinsik siswa berasrama dengan siswa non asrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi ekstrinsik siswa berasrama dengan siswa non asrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Motivasi berprestasi intrinsik siswa berasrama dengan siswa non asrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, pastinya setiap anak mempunyai potensi semua itu tergantung setiap individunya bisa mengembangkan potensi yang dimiliki apa tidak. Dan untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi intrinsiknya, dilihat dari salah satu potensi yang dimiliki dan dikembangkan. Motivasi berprestasi intrinsik siswa berasrama itu lebih tinggi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak karena selain lingkungan sekitar mendukung juga kebanyakan anak asrama sudah siap atau mempunyai potensi dan tujuan kedepannya yang ingin dikembangkan dan dicapai dan tujuan tersebut seperti ingin mewujudkan cita-citanya ingin menjadi guru, dosen pembelajaran Aqidah Akhlak dan menjadi tahfidz. Untuk siswa yang non asrama (di rumah dan kostan) itu dalam pembelajaran Aqidah Akhlaknya masih kurang dan tergantung setiap individunya, lingkungan keluarga dan sekitarnya. 2) Motivasi berprestasi ekstrinsik siswa berasrama dengan siswa non asrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, untuk siswa asrama dilihat dari nilai pembelajaran Aqidah Akhlaknya lebih tinggi dari pada siswa non asrama dan anak asrama lebih disiplin dalam mengumpulkan tugas karena takut mendapatkan hukuman seperti mendapatkan tugas tambahan. Sedangkan siswa non asrama ada yang terpengaruhi dari teman dengan persaingan sehat karena siswa yang non asrama merasa ingin seperti siswa yang asrama yang bisa menguasai tentang pembelajaran Aqidah Akhlak. Dan ketika ulangan anak asrama dan non asrama sama-sama rajin belajar karena persaingan ingin mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:52
Last Modified: 29 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item View Item