Implementasi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jurusan Alat Mesin Pertanian di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kurniawan, Andi (2018) Implementasi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Jurusan Alat Mesin Pertanian di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andi Kurniawan_084 141 488.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran digunakan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam memahami materi pelajaran. SMK Negeri 5 Jember menerapkan strategi Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dinilai berhasil selama proses pembelajaran yang lebih hidup, berperan aktif dari siswa dan adanya keaktifan dari siswa dan mudah memahami suatu materi pembelajaran yan disampaikan oleh guru. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negeri 5 Jember ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negeri 5 Jember ? 3) Bagaimana Evaluasi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negeri 5 Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Perencanaan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negerti 5 Jember. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK 5 Jember. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negeri 5 Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis studi kasus yang dilakukan di SMK Negeri 5 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interkatif Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan antara lain: 1) Perencanaan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negeri 5 Jember dilakukan oleh guru PAI di awal atau semester. Workshop atau pertemuan di awal semester diikuti oleh Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, guru, komite dan karyawan. Buku Pedoman Guru yang memuat pekan minggu efektif, silabus, distribusi pembagian materi. 2) Pelaksanaan Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negeri 5 Jember guru memberikan rangsangan kepada siswa serta media dalam proses pembelajaran dan kombinasi metode yang digunakan saat PBL berlangsung. 3) Evaluasi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada jurusan Alat Mesin Pertanian di SMK Negeri 5 Jember yaitu hafalan, membaca Al-Qur’an, praktek ibadah ada tanya jawab serta media pembelajaran dan observasi/presentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:36
Last Modified: 30 Mar 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21275

Actions (login required)

View Item View Item