Hubungan kesenian gandrung dengan prestasi belajar tari siswa Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Al-Amnan Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

Fauzi, Nur (2017) Hubungan kesenian gandrung dengan prestasi belajar tari siswa Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Al-Amnan Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Fauzi_084 124 026.pdf

Download (30MB)

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi adanya penampilan siswa dalam memperagakan tari kesenian gandrung dengan penampilan yang sangat menarik perhatian masyarakkat,sementara siswa yang lain masih belum ada kemauann dan kemampuan sehingga dipandang sebagai siswa yang tidak kreatif dan berprestasi,disisi lain sisswa yang mahir dalam memperagakan tari seni gandrung ini menambah nilai prestasi belajar serta penghargaan dari pihak sekolahan.Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Adakah Hubungan kesenian gandrung dengan prestasi belajar di bidang seni tari tradisional siswa Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Al-Amnan Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 ? 2) Adakah Hubungan kesenian gandrung dengan prestasi belajardibidang seni tari non tradisional siswa Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Al-Amnan Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kesenian gandrung terhadap prestasi belajar tari dan hubungannya dengan prestasi belajar tari meliputi prestasi belajar tari dibidang tari tradisional dan non tradisional dan seberapa kuat hubungan kesenian gandrung terhadap prestasi belajartarisiswa Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Al-Amnan Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research penelitian ini adalah penelitian (korelasional) adapu subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X,XI dan kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Al- Amnan Bangorejo Banyuwangi dengan jumlah 80 siswa.dalam hal ini peneliti menggunakan penelitian populasi.ada dua alat pengumpul an data pokok dalam penelitian ini yaitu angket tentang kesenian gandrung dan dokumentasi laporan hasil rapor siswa. Data yang diperoleh dari angket kemuadian dianalisis dengan chi kuadrat dan uji kolerasi menggunakan contingency coefficien (C) Hasil analisis data yang taraf signifikan 5% secara umum menunjukkan bahwa :adanya hubungan yang tinggi antara kesenian gandrung (X) dengan prestasi belajar tari (Y) dengan nilai chi kuadrat 52,87314833 kemudian dianalisa dengan hasil 0,77 Cmaksyang bergerak antara 0,6 Cmaks<C ≤ 0,8 Cmaks secara khusus menunjukkan adanya (1) adanya hubungan yang tinggi antara kesenian gandrung (X) dengan prestasi belajar di bidang tari tradisional(Y1) dengan nilai chi kuadrat110,2993895 kemudian dianalisa ddengan rumus C dengan hasil 0,93 Cmaks,yang bergerak antara 0,8 Cmaks<C ≤ 0,9 Cmaks.(2)adanya hubungan yang tinggi antara kesenian gandrung (X) dengan prestasi belajar di bidang tari non tradisional (Y2) dengan nilai chi kuadrat50,12967033 kemudian dianalisa dengan rumus C dengan hasil 0,6 Cmaks, yang bergerak antara 0,6 Cmaks<C ≤0,8 Cmaks

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21293

Actions (login required)

View Item View Item