Musor, Furkorn (2018) Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Aroonsat Vittaya Daerah Saiburi Provinsi Pattani Thailand Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Furkorn Musor_084 131 081.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan Sebagai kunci utama terbentuknya SDM yang kompeten dalam membangun bangsa. Pendidikan mempunyai peran yang sangat urgen untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa. Pendidikan juga menjadi tolak ukur memajukan suatu bangsa, dan menjadi cermin kepribadian masyarakatnya. Sebagaimana dikatakan bahwasannya pendidikan adalah usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya, mencakup kegiatan pendidikan yang melibatkan guru maupun yang tidak melibatkan guru (pendidik), mencakup pendidikan formal maupun informal, segi yang dibina oleh pendidikan adalah seluruh aspek kepribadian. Dengan pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan agama Islam di sekolah Aroonsat Vittaya daerah saiburi Provinsi Pattani Thailand selatan tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Apa materi Pendidikan agama Isalam di sekolah Aroonsas Vittaya tahun pelajaran 2016/2017?, 3) Bagai mana evaluasi Pendidikan agama Isalam di sekolah Aroonsas Vittaya tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Aroonsat Vittaya Provinsi Pattani Thailand Selatan. Pengumpulan data mengunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Kamudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terdapat data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Sebjek penelitian adalah yang menjadi sebjek dan sekaligus sumber informasi, adalah kepala Sekolah Arooonsat Vittaya, Guru, Staf-staf lainya dan Peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu: Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Aroonsat Wittaya cukup baik/berhasil. Berdarkan kenyaan kenaikan kelas dalam bentuk presentase menujukan rata-rata sebanyak 90 % sedangkan ujian negara juga mencapai 90% dari peserta didik yang mengikuti ujian sudah sesuai dengan tujuan, dan dari kelulusan tersebut dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negri. Adapun dalam Implementasi pendidikan terdapat factor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu para guru yang memiliki jiwa semangat dalam melaksanakan penyapaian materi di kelas. Selain itu didukung beberapa peserta didik yang gemar dan senang serta mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sedang yang menjadi factor penghambatan dalam Implementasi pendidikan yaitu kurangnya alat-alat atau media dalam pendidikan karena kurangnya dana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:38 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21299 |
Actions (login required)
View Item |