Kontribusi Majleis Taklim Jumat Pon dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Agama Islam Masyarakat di Pondok Jeruk Sumberwringin-Bondowoso 2017

Hotija, Siti (2018) Kontribusi Majleis Taklim Jumat Pon dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Agama Islam Masyarakat di Pondok Jeruk Sumberwringin-Bondowoso 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Hotija_084 131 190.pdf

Download (5MB)

Abstract

Majelis taklim merupakan kegiatan yang lahir bersamaan dengan kompleksitas yang dihadapi masyarakat seperti gosip antar tetangga, pencurian, saling bermusuhan dan lain sebagainya. Dengan kehadiran majelis taklim jumat pon dapat memberikan solusi dan suatu kontribusi bagi masyarakat melalui pemahaman dan peningkatan nilai-nilai agama Islam. Majelis taklim jumat pon tidak hanya sekedar kegiatan yang berisi keagamaan tetapi lebih jauh untuk membenahi diri. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kontribusi majelis taklim jumat pon dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai aqidah masyarakat di pondok jeruk sumberwringin-bondowoso 2017? (2) Bagaimana kontribusi majelis taklim jumat pon dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai syariah masyarakat di pondok jeruk sumberwringin-bondowoso 2017? (3)Bagaimana kontribusi majelis taklim jumat pon dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai akhlak masyarakat di pondok jeruk sumberwringinbondowoso 2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana kontribusi majelis taklim jumat pon dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai aqidah masyarakat di pondok jeruk sumberwringin-bondowoso 2017. (2) Mendeskripsikan bagaimana kontribusi majelis taklim jumat pon dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai syariah masyarakat di pondok jeruk sumberwringin-bondowoso 2017. (3) Mendeskripsikan bagaimana kontribusi majelis taklim jumat pon dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai akhlak masyarakat di pondok jeruk sumberwringin-bondowoso 2017. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis field research. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data Milles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verification. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) peningkatan pemahaman nilainilai agama Islam masyarakat dalam hal aqidah yaitu memberikan kontribusi melalui motivasi untuk menanamkan keyakinan yang lebih kuat. 2) peningkatan pemahaman nilai-nilai agama Islam masyarakat dalam hal Syari’ah yaitu memberikan penjelasan dan pemahaman serta mengukuhkan pemahaman terkait nilai-nilai syari’ah dengan salah satu contoh dengan membaca syahadat. 3) peningkatan pemahaman nilai-nilai agama Islam dalam hal Akhlak yaitu memberikan ceramah melalui kisah-kisah teladan Rasulullah SAW dan penjelasan tentang toleransi dan mempererat silaturahmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:41
Last Modified: 30 Mar 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21316

Actions (login required)

View Item View Item