Mardiana, Ms. (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ms. Mardiana_084131225.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kehidupan remaja saat ini dihadapkan pada berbagai masalah yang komplek dan perlu mendapatkan perhatian serius, diantaranya semakin menurunnya tatakrama kehidupan sosial dan etika moral dalam praktik kehidupan baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan sekitarnya. Jika tidak diarahkan dengan baik maka para remaja akan lebih cenderung berperilaku menyimpang dalam menghadapi berbagai gejolak yang ada dalam dirinya, Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan besar dalam proses internalisasi nilai religius kepada para peserta didik agar supaya dalam keseharian bisa mencerminkan perilaku yang tidak menyimpang dan terarah agar tidak terjerumus dalam perilaku menyimpang. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:(1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pengajar dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam sebagai pengajar dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di SMA 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif model interaktif, teknik ini dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengatasi perilaku menyimpang dilakukan dengan memberikan materi yang mencakup akhlak, hadis, ilmu fikih, ilmu alquran dan sejarah islam, serta memberikan praktek-praktek keagamaan, (2) peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengatasi perilaku menyimpang dilakukan melalui metode pendidikan yaitu pendidikan dengan keteladanan, adat kebiasaan serta nasihat, (3) peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengatasi perilaku menyimpang dilakukan melalui bimbingan yang bersifat preventif (pencegahan) yaitu dengan mengaktifkan kegiatan keagamaan dan bimbingan yang bersifat kuratif (penanggulangan) yaitu dilakukan dengan menerapkan sanksi/hukuman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:42 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21323 |
Actions (login required)
View Item |