Khoiridah, Nurul (2018) Fungsi Organisasi Tabilla (Taqorrub billah) dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurul Khoiridah_084141081.pdf Download (6MB) |
Abstract
Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember merupakan salah satu lembaga Pendidikan Islam tingkat Menengah yang didalamnya terdapat sebuah organisasi jurnalistik dan media cetak islam yang diberi nama Tabilla (Taqorrub Billah). Fungsi dari organisasi Tabilla adalah sebagai media untuk menampung aspirasi siswa dan menyampaikan informasi yang berkaitan dengan perkembangan sekolah. Sedangkan Tabilla berasal dari kata Taqorrub Billah yang berarti mendekatkan diri kepada Allah, sehingga di dalam organisasi ini yang lebih menonjol dalam hal keagamaan. Atas dasar Taqorrub Billah inilah, maka dibangunlah sebuah komitmen bersama antar anggota Tabilla yang berasaskan keislaman yang mana setiap anggota Tabilla dilarang untuk Pacaran. Pembentukan karakter siswa dapat dilihat melalui kegiatan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh anggota Tabilla. Sedangkan nilai karakter siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah lebih fokus pada dua karakter yaitu Religius dan Kreatif. Dua karakter ini diharapkan dapat terbentuk sejak dini dalam diri setiap anggota yang mengikuti. Dan Tabilla dalam setiap tahunnya menerbitkan dua majalah, yaitu yang diterbitkan tiap satu semester. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: Bagaimana fungsi manifes, fungsi laten, dan disfungsi organisasi Tabilla (Taqorrub Billah) dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi manifes, fungsi laten, dan disfungsi organisasi Tabilla (Taqorrub Billah) dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian Field Research. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna untuk menggali informasi yang berkaitan dengan fokus penelitian. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari Penelitian ini adalah: 1) Fungsi manifes (fungsi yang nampak) dalam organisasi Tabilla adalah membentuk karakter siswa yang kreatif dapat dilihat melalui kegiatan Tabilla yaitu pelatihan menulis, pelatihan menggambar, pelatihan fotografi, dan pelatihan Layouter (mendesain); 2) Fungsi Laten (fungsi yang tidak nampak) dalam organisasi Tabilla adalah membentuk karakter religius siswa dapat dilihat melalui suatu komitmen pada diri sendiri, komitmen tetap dari organisasi Tabilla yaitu dilarang pacaran; 3) Disfungsi (sisi negatif) dalam organisasi Tabilla dapat dilihat melalui kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran yaitu kegiatan LIN M (Lintas Madrasah), kegiatan ini lebih banyak menyita waktu siswa sehingga harus meluangkan waktu dan meninggalkan pelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:42 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21333 |
Actions (login required)
View Item |