Peran guru dalam meningkatkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 pakem Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jember: IAIN Jember

Rosalini, Silfiah Desi (2017) Peran guru dalam meningkatkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 pakem Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silfiah Desi Rosalini_084131171.pdf

Download (4MB)

Abstract

Etika yang semakin menurun pada lingkungan pelajar sering kita jumpai tawuran antar pelajar, merokok di area sekolah, siswa siswi yang kurang menghargai guru, prestasi belajar yang rendah, peserta didik yg kurang disiplin ini akibat dari berkurang etika peserta didik banyaknya peserta didik yang belum mengetahui etika dalam menuntut ilmu, sehingga banyak penuntut ilmu yang masih bersikap tercela kepada guru maupun lingkungan sekitarnya. Hal tersebut membuktikan bahwa perlu adanya peran guru dalam meningkatkan etika dan moral peserta didik. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso 2017/2018? (2) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso 2017/2018? (3) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso 2017/2018, (2) Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso 2017/2018, (3)Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif . Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan : (1) Peran guru sebagai pengajar dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan sebelum pemberian materi pembelajaran, yang kedua pelaksanaan pembelajaran yaitu pemberian materi yang berkaitan dengan etika dan moral, yang ketiga tahapan evaluasi menilai sejauh mana peahaman siswa terhadap materi yang diberikan (2) Peran guru sebagai pendidik dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan dengan memberikan contoh dan panutan, motivasi dan juga pembinaan. (3) Peran guru digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix sebagai pembimbing dalam menumbuhkan etika dan moral peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pakem Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan dengan memberikan motivasi, teguran, peringatan, dan hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:16
Last Modified: 30 Mar 2023 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21336

Actions (login required)

View Item View Item