Nudin, Sulhan (2016) Strategi Komunikasi Persuasif Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Rambipuji Dalam Menjaring Mad`U. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sulhan Nudin_082 101020.pdf Download (4MB) |
Abstract
Setiap organisasi mempunyai strategi-strategi tertentu dalam meyakinkan yang tuju maka dari itu strategi komunikasi persuasif mempunyai cara untuk meyakinkan mad`unya, suatu organisasi adalah menyesuaikan kemampuan organisasi yang dipimpinnya dalam menghadapi perubahan-perubahan yang pasti selalu terjadi untuk organisasi perlu memakai strategi dalam menjalankan aktivitas agar organisasi tersebut mampu menyesuaikan diri. Sebagai mana warga Indonesia khususnya warga Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjalankan perannya di dalam Bangsa ini, strategi Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjalankan peranannya yang begitu besar memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, mempertahankan keutuhan NKRI. Organisasi ini didirikan di Surabaya pada tanggal 31 Januari 1926 yang ormas Islam terbesar ditanah air yang sepertinya tidak pernah tuntas untuk diamati dan diteliti. Fokus masalahnya dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Komunikasi Persuasif Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Rambipuji Dalam Menjaring Mad`u. Metode penelitian menggunaka penelitian kualitatif deskriptif yang mana tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi yaitu sebuah metode pengumpulan data yang digunakan dengan jalan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematik fenomena-fenomena yang diselidiki, Wawancara yaitu tehnik penelitian yang paling sosiologis dari semua tehnik-tehnik penelitian karena bentuknya yang berasal dari interaksi verbal antara peneliti dan responden dan Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang variabelnya berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, notula rapat, agenda dan sebagainya. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan serta dianalisa, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Rambipuji mempuyai empat karakter dalam menjaring mad`u agar supaya dapat membujuk, merayu dan meyakinkan mad`u di antanya Tawasuth yaitu bersikap teguh yang berintikan pada prinsip hidup yang menjunjung tinggi keharusan berlaku adil dan lurus di tengah hidup bersama, Tasammuh yaitu bersikap toleran terhadap perbedaan pendapat dan keyakinan asalkan tidak penyimpangan dan tidak mengantarkan kepada kesesatan, Tawazzum yaitu bersikap seimbang dalam berkhidmah dalam pengabdian kepada Allah Swt yaitu menjalankan perintahnyah dan menjauhi larangannya, berkhidmah dalam kegiatan sosial yaitu sesama manusia harus hidup rukun dan saling menghormati, serta kepada lingkungan hidup dan Menyelaraskan kepentingan masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang dan Amar ma`ruf dan nahi mungkar yaitu bersikap memiliki kepekaan untuk mendorong perbuatan baik yaitu menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya, berguna dan bermanfaat bagi kehidupan bersama, serta menolak dan mencegah semua hal yang dapat menjerumuskan dan merendahkan nilai-nilai kehidupan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:16 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21341 |
Actions (login required)
View Item |