Ariska, Titik Nur (2018) Penguatan Pembelajaran Fiqih Dengan Kitab Fathul Qorib Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
TITIK NUR ARISKA_084 121 114.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan seseorang, sekelompok orang atau lembaga dalam membantu individu atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah bertujuan untuk meningkatkan keimanan, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengalaman peserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaan, berbangsa dan bernegara. Fiqih adalah pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai perintah-perintah dan realitas Islam dan tidak memiliki relevansi khusus dengan bagian ilmu tertentu. Akan tetapi, dalam terminologi ulama, istilah fiqih secara khusus diterapkan pada pemahaman yang mendalam atas hukum-hukum Islam. Kitab kuning khususnya Kitab Fathul Qorib adalah kitab fikih yang sangat masyhur, terutama di kalangan pesantren, karena kitab ini menjadi salah satu referensi pembelajaran di pesantren-pesantren. Namun pada perkembangannya, Kitab Fathul Qorib tidak hanya dipelajari di dalam pesantren akan tetapi sudah dipelajari di dalam lembaga pendidikan lain, terutama di Perguruan Tinggi Agama Islam pada umumnya dan di lembaga pendidikan Aliyah, Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren khususnya. Berangkat dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang diangkat terfokus pada: 1. Bagaimana proses penguatan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Fathul Qorib pada aspek tahaharah di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2. Bagaimana proses penguatan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Fathul Qorib pada aspek shalat di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan proses penguatan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Fathul Qorib pada aspek tahaharah di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.. 2. Untuk mendeskripsikan proses penguatan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Fathul Qorib pada aspek shalat di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif study kasus, peneliti menggunakan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumenter dengan menggunakan purposive sampling dalam menentukan subyek penelitian. Data yang sudah diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan metode analisis data model Milles and Huberman yang dikenal dengan interaktif model. Dapat dibuktikan kebenarannya dari adanya penguatan pembelajaran fiqih dengan Kitab Fathul Qorib dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, dengan adanya penguatan pembelajaran fiqih dengan Kitab Fathul Qorib, siswa/siswi bertambah pengetahuan dibidang fiqih, terutama bab thaharah dan shalat. Siswa sudah banyak berubah dalam hal thaharah seperti cara menangani najis yang baik dan benar sampai bagaimana cara berwudluk yang sempurna. Kedua, pada bab shalat, sangat memberikan dampak yang sangat bagus terhadap ibadah siswa/siswi Miftahul Ulum, karena shalat mereka sudah mulai banyak perubahan dari segi rukun, syarat dan tuma’ninahnya dalam kesehariannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:16 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21344 |
Actions (login required)
View Item |