Hasan, Ahmad Zainul (2017) Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Karangharjo Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ahmad Zainul Hasan_084 101 098.pdf Download (2MB) |
Abstract
Orientasi hidup manusia selain beribadah kepada Allah SWT. juga berusaha untuk bermanfaat kepada orang lain dan juga lingkungan. untuk menjalankan orientasi hidup tersebut dengan baik maka ada aturan hidup yang harus diikuti agar tercapai kesempurnaan dalam menjalani hidup di dunia sekaligus sehingga embawa keselamatan pada kehidupan selanjutnya yaitu akhirat. peraturan tersebut dikenal dengan akhlak. akhlak ini perlu terhadap pembinaan, latihan dan pengaplikasian dalam kehidupan nyata. demi kesuksesan proses tersebut perlu yang namanya metode atau strategi yang perlu diterapkan sebagai pijakan dalam proses pembinaan tersebut. Dari paparan di atas maka peneliti menfokuskan penelitian ini pada: (1) Bagaimana Metode Pembelajaran akidah akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak siswa Siswa Di Madrasah Aliyah Al Hidayah Desa Karangharjo Silo Jember? Dan sub fokus penelitian; (a) Bagaimana Metode pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan Akhlak siswa kepada Allah S.w.t di Madrasah Aliyah Al Hidayah Desa Karangharjo Silo Jember ?; (b) Bagaimana Metode pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan Akhlaksiswa kepada sesama di Madrasah Aliyah Al Hidayah Desa Karangharjo Silo Jember?; (c) Bagaimana Metode pembelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan Akhlak siswa kepada lingkungan di Madrasah Aliyah Al Hidayah desa Karangharjo Silo Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mediskripsikan metode pembelajaran akidah akhlak dalah meningkatkan Akhlak siswa Siswa Di Madrasah Aliyah Al Hidayah Desa Karangharjo Silo Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan rancangannya adalah studi kasus. Teknek yang digunakan dalam penelitian ini adalah : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode pembelajaran akidah akhlak daalam meningkatkan akhlak siswa sangat penting demi terwujudnya peserta didik yang berakhlakul karimah biak hubungannya dengan Allah seperti taqwa, tawakkal, bersyukur atas ni’mat-Nya, percaya bahwa semua yang ada di bumi merupakan ciptaan-Nya, atau yang berkaitan dengan sesama manusia seperti tlong menolong, saling menghormati, saling memaafkan, dan begitupun akhlak terhadap lingkungan seperti menjaga kelestarian lingkungan, menjauhi tindakantidakan yang merusak terhadap keindahan lingkungan. Nilai-nilai akhlak yang dimaksud adalah: (a) nilai akhlak kepada Allah, dalam hal ini metode yang digunakan adalah melalui pembelajaran menyangkut teori tentang akhlak kepada Allah, pembiasaan, dan pemberian contoh atau teladan., (b) akhlak kepada sesama manusia, dalam hal ini metode yang digunakan adalah pembelajaran yang berkaitan dengan akhlak kepada sesama manusia, pembeiasaan untuk berprilaku baik, pemberian teladan oleh guru dan kegiatan kemasyarakatan seperti baksos., (c) akhlak kepada lingkungan, dalam hal ini dilakukan dengan metode,pengaplikasian ke alam nyata secara langsung dan sekaligus dengan tadabbur alam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:42 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21379 |
Actions (login required)
View Item |