Utami, Susi Qory (2019) Implementasi Gerakan Literasi SekolahDalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Jember. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Susi Qory Utami_0849415001.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Jember telah melaksanakan Gerakan Literasi oleh semua kelas dari kelas rendah maupun kelas tinggi dalam meningkatkan minat baca siswanya. Sekolah ini juga terbagi antara Literasi Kelas dan Literasi Perpustakaan. Sekolah ini juga terdapat pojok kelas baca atau Library Corner serta lingkungan yang kaya akan literasi, juga memiliki perpustakaan yang representatif serta memotivasi agar anak tidak hanya terpaku membaca buku teks pelajaran, melainkan membaca buku non teks pelajaran. Fokus penelitian ini adalah 1)Bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan, 2)Bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pengembangan, 3) Bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembelajaran dalam meningkatkan minat baca siswa Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan, 2) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pengembangan, 3) Mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembelajaran dalam meningkatkan minat baca siswa Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Jember. Penelitian ini menggunakan teori Kate yaitu Literasi dipandang sebagai salah satu praktik komunikasi yang dilakukan anak-anak. Perhatian akan diberikan menggambar, membuat model, sikap dan penyampaian yang di bawa anak-anak ke praktik literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi fenomenologi. Metode penentuan subjek menggunakan purpossive dan snowball. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah yaitu data collection, data condensation, data Display, Conclution drawing and verivication. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini : Pertama, tahap pembiasaan yaitu Kegiatan membaca 15 menit dengan nyaring atau didalam hati. Kegiatan 15 menit di awal, tengah atau menjelang akhir pelajaran. Pencatatan buku dalam catatan harian. Keterlibatan warga sekolah kegiatan 15 menit. Sudut baca kelas di tiap kelas dengan koleksi buku non pelajaran. Bahan kaya teks di kelas. Sekolah berupaya untuk melibatkan publik. Kedua, tahap pengembangan yaitu membaca 15 menit sebelum pelajaran. Kegiatan menanggapi buku pengayaan pada jam pelajaran literasi atau jam kegiatan di perpustakaan atau sudut baca kelas atau jam pelajaran yang relevan. Buku pengayaan yang bervariasi. Kegiatan menanggapi bacaan melalui kegiatan membacakan nyaring interaktif, terpandu, bersama dan mandiri. Apresiasi capaian literasi peserta didik. Ketiga, tahap pembelajaran yang sudah dilaksanakan di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 01 Jember yaitu buku pengayaan yang digunakan dalam pembelajaran semua mata. Strategi membaca yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap bacaan di semua mata pelajaran. Kegiatan menanggapi bacaan dalam bentuk aktivitas lisan, tertulis, seni, kriya dan lain-lain sesuai dengan kecakapan literasi peserta didik. Pembelajaran yang berlangsung di perpustakaan sekolah, sudut baca kelas, area baca sekolah dan lain-lain. Penghargaan akademik mempertimbangkan kecakapan literasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 20 May 2021 02:08 |
Last Modified: | 20 May 2021 02:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2139 |
Actions (login required)
View Item |