Imron, Fahmi (2017) Pendalaman Materi Pelajaran Aqidah Akhlak Melalui KajianKitab Kifayatul Awam di Madrasah Tsanawiyah DarunNajahAl-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Fahmi Imron_084 121 200.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendalaman materi dalam mata pelajaran merupakan suatu kebutuhanyangsangat urgen bagi peningkatan kualitas pemahaman peserta didik. Untuk ituseorangpendidik dituntut untuk dapat lebih dahulu memperkaya pengetahuan dan memperdalampemahaman tentang materi mata pelajaran yang diajarkannya kepada pesertadidik. Disamping itu juga dituntut untuk mampu menciptakan suasana yang kondusif danefektif dalam proses pembelajaran agar penyampaian materi pelajaran dapat diterimadengan baik dan menarik bagi peserta didik. Fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut :(1) Bagaimanakahmateri pendalaman pelajaran aqidah akhlak melalui kajian kitab kifayatul awamdi MadrasahTsanawiyah Darun Najah Al-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. (2)Bagaimanakah metode pendalaman pelajaran aqidah akhlak melalui kajian kitabkifayatul awamdi Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Al-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran2016/2017. (3) Bagaimanakah evaluasi pendalaman pelajaran aqidah akhlakmelalui kajian kitab kifayatul awam di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Al-IrfanyPatrangJember Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah :(1) Mendeskripsikan materi pendalaman pelajaranaqidah akhlak melalui kajian kitab kifayatul awam di Madrasah Tsanawiyah DarunNajahAl-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Mendeskripsikanmetodependalaman pelajaran aqidah akhlak melalui kajian kitab kifayatul awamdi MadrasahTsanawiyah DarunNajah Al-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. (3)Mendeskripsikan evaluasi pendalaman pelajaran aqidah akhlak melalui kajiankitabkifayatul awam di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Al-Irfany Patrang Jember TahunPelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiankualitatifdengan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian menggunakan purposivesampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, penyajiandata. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Pendalaman Materi PelajaranAqidah Akhlak Melalui Kajian Kitab Kifayatul Awam Di Madrasah TsanawiyahDarunNajah Al-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah: (1) Materi pendalaman pelajaran aqidah akhlak melalui kajian kitab kifayatul awamdi MadrasahTsanawiyah Darun Najah Al-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017yaitumateri-materi yang menjelaskan tentang ‘aqaid lima puluh atau sifat-sifat AllahdanRasulnya (wajib, mustahil dan jaiz) dengan penjelasan secara rinci. (2) Metodependalaman pelajaran aqidah akhlak melalui kajian kitab kifayatul awamdi MadrasahTsanawiyah Darun Najah Al-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017yaitudengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. (3) Evaluasi pendalaman pelajaranaqidah akhlak melalui kajian kitab kifayatul awam di Madrasah Tsanawiyah DarunNajahAl-Irfany Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu dengan menggunakanevaluasi hafalan dan Tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:27 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21405 |
Actions (login required)
View Item |