Romadon, Saifullah (2017) Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran AlQur’an Pada Orang Dewasa Di Madrasah Diniyah Al-Furqan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Saifullah Romadon_084 124 028.pdf Download (4MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk hidup bagi umat Islam, yang sudah tidak ada keraguan didalamnya (Al-Qur’an). Mengingat sangat pentingnya Al-Qur’an bagi umat Islam, maka umat Islam harus mampu membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah atau aturan membacanya. Maka dari itu, perlu dilakukan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi umat Islam tanpa memandang usia, agar umat Islam mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah atau aturan yang benar. Dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an diperlukan sebuah metode. Sebab, metode mempunyai peranan sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran membaca Al-Qur’an di Indonesia sudah berkembang dan sangatlah beragam. Salah satu metode tersebut adalah Metode Ummi. Fokus penelitian yang akan diteliti yaitu bagaimana penerapan metode ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di MADIN Al-Furqan Jember. Sedangkan sub fokus penelitiannya, 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi pada Orang Dewasa di MADIN Al-Furqan Jember, 2) Bagaimana Proses Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi pada Orang Dewasa di MADIN Al-Furqan Jember, 3) Bagaimana Hasil Pembelajaran Al-Qur’an pada Orang Dewasa selama menggunakan Metode Ummi di MADIN Al-Furqan Jember. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin Mendeskripsikan penerapan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan Metode Ummi pada orang dewasa. Baik penerapan perencanaan, proses dan hasil. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa menggunakan metode Ummi ada tiga, pertama membuat silabus pembelajaran metode ummi, yang kedua membuat jadwal pembelajaran dan yang ketiga melakukan prosedur penerimaan siswa baru. Proses pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa menggunakan metode Ummi dilakukan melalui 7 tahapan pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan membaca AlQur’an siswa dewasa selama menggunakan Metode Ummi mengalami peningkatan yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:32 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21460 |
Actions (login required)
View Item |