Pengaruh Pelaksanaan Salat Tasbih terhadap Ketenangan Jiwa Jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek Andongsari Ambulu Jember Tahun 2017”, FTIK, KI, PAI

Millah, Umi Faidatul (2017) Pengaruh Pelaksanaan Salat Tasbih terhadap Ketenangan Jiwa Jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek Andongsari Ambulu Jember Tahun 2017”, FTIK, KI, PAI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Faidatul Millah_084 131 306.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Salat Tasbih dan Ketenangan Jiwa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya individualistis, egoistis, dan materialistis mendatangkan dampak berupa kegelisahan, kecemasan, dan beberapa konflik. Melihat kenyataan seperti itu yang seharusnya merasakan kenikmatan hidup justru berbalik dari apa yang diharapkan, yakni mereka dihadapi rasa cemas. Beragam permasalahan tersebut sering berakibat buruk pada kesehatan mental individu yang akan berujung pada adanya gangguan mental atau kejiwaan. Dan salat tasbih merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pelaksanaan salat tasbih terhadap ketenangan jiwa jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek Andongsari Ambulu Jember. Dalam penelitian ini ada dua rumusan masalah yang pertama ialah pokok masalah, diantaranya: Adakah pengaruh pelaksanaan salat tasbih terhadap ketenangan jiwa jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek Andongsari Ambulu Jember Tahun 2017. Yang kedua ialah sub pokok masalah, diantaranya: 1) Adakah pengaruh pelaksanaan salat tasbih terhadap ketenangan jiwa dari segi dimensi spiritual jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek, 2) Adakah pengaruh pelaksanaan salat tasbih terhadap ketenangan jiwa dari segi dimensi psikologis jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek, 3) Adakah pengaruh pelaksanaan salat tasbih terhadap ketenangan jiwa dari segi dimensi sosial jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek, 4) Adakah pengaruh pelaksanaan salat tasbih terhadap ketenangan jiwa dari segi dimensi biologis jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah populasi dengan jumlah responden 50 masyarakat Karangtemplek. Data dalam penelitian ini penulis dapatkan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil angket dianalisis dengan menggunakan teknik analisis prosentase dengan teknik analisis product moment. Berdasarkan pokok masalah di atas, maka diperoleh hasil penelitian: Ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan salat tasbih dengan ketenangan jiwa jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek dengan kategori agak rendah. Kemudian pada sub pokok masalah diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Tidak ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan salat tasbih dengan ketenangan jiwa dari segi dimensi spiritual jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek, 2) Ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan salat tasbih dengan ketenangan jiwa dari segi dimensi psikologis jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek dengan kategori rendah, 3) Ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan salat tasbih dengan ketenangan jiwa dari segi dimensi Sosial jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek dengan kategori rendah, 4) Tidak ada pengaruh yang signifikan pelaksanaan salat tasbih dengan ketenangan jiwa dari segi dimensi spiritual jamaah Masjid Darul Huda Karangtemplek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:33
Last Modified: 31 Mar 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item