Zuhriyah, Ainiatus (2019) Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ainiatus Zuhriyah_T20154053.pdf Download (4MB) |
Abstract
Disiplin adalah sikap patuh terhadap peraturan yang berlaku. Disiplin sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap siswa, karena dapat membentuk sikap dan perilaku yang akan mengantar siswa menuju kesuksesan. Sikap disiplin tidak dapat dibangun secara instan. Di sekolah mengembangkan budaya disiplin dengan menggunakan pedoman yang di kenal dengan istilah tata tertib sekolah. Tata tertib sekolah merupakan slah satu alat yang dapat digunakan kepala sekolah dan guru untuk melatih siswa dalam mempraktikkan disiplin di sekolah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Masdrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember? (2) Bagaimana Nilai Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Masdrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember? (3) Bagaimana Evaluasi Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Masdrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Masdrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember. (2) Mendeskripsikan Nilai Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Masdrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember. (3) Mendeskripsikan Evaluasi Pengembangan Budaya Disiplin Peserta Didik di Masdrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pendekatan Subjek ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Milles dan Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan Triangulasi Sumber dan Teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) dilakukan melalui penyesuaian kebijakan yang telah ditetapkan oleh madrasah. (2) konsep disiplin yaitu membiasakan hidup tertib dimadrasah sesuai dengan tata tertib yang berlaku di madrasah dan dasarnya yaitu berpedoman pada ajaran islam, bentuk budaya disiplin siswa meliputi: siswa datang tepat waktu tidak terlambat, tidak membolos, berpakaian dengan rapi, dan mentaati peraturan yang ada di madrasah.(3) perubahan sikap siswa yaitu kesopanan dan ketertiban siswa dalam menaati peraturan, dan kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan dengan tertib. Kata Kunci: Pengembangan, Budaya, Disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:22 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21526 |
Actions (login required)
View Item |