Analisis Strategi Penetrasi Pasar Pada Penjualan Produk Tabungan BRISyariah iB Di BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember.

Maisaroh, Aisyatul (2018) Analisis Strategi Penetrasi Pasar Pada Penjualan Produk Tabungan BRISyariah iB Di BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aisyatul Maisaroh_083143008.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Produk Tabungan Faedah yang ditawarkan oleh Bank BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember memiliki keunggulan dibanding produk lain yaitu dengan memberikan tawaran yang sangat memudahkan dengan saldo awal hanya Rp. 100.000,- sudah bisa membuka tabungan, bebas dari biaya administrasi setiap bulannya serta mendapatkan fasilitas ATM dengan bebas biaya administrasi setiap bulannya juga. Program tabungan ini selain memudahkan nasabah juga berbasis syariah, dalam artian tidak ada unsur riba yang diharamkan didalamnya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi penetrasi pasar pada penjualan produk Tabungan Faedah BRISyariah iB di BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember? 2) Mengapa BRISyariah Kantor Cabang Ttrunojoyo Jember menggunakan strategi penetrasi pasar pada penjualan produk Tabungan Faedah BRISyariah iB? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan strategi penetrasi pasar pada penjualan produk Tabungan Faedah BRISyariah iB di BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember. 2) Untuk mengetahui alasan BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember menggunakan strategi penetrasi pasar pada penjualan produk Tabungan Faedah BRISyariah iB. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian bahwa 1) Strategi penetrasi pasar pada BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember menggunakan strategi promosi dan pengiklanan dan dari segi pendistribusiannya masih belum diterapkan. Strategi penetrasi pasar pada BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember termasuk ke dalam bentuk pemasaran yang menggunakan Strategi Rapid Penetration, Strategi ini dijalankan dengan menetapkan harga produk yang rendah dan kegiatan promosi yang tinggi. 2) Strategi penetrasi pasar dari segi promosi dan pengiklanan yang digunakan BRISyariah untuk penjualan produk Tabungan Faedah dapat membantu dalam peningkatan jumlah nasabah Tabungan Faedah pada BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember. Beberapa strategi penetrasi pasar yang digunakan BRISyariah terkait dalam usaha untuk meningkatkan penguasaan pasar oleh perusahaan dan sekaligus meningkatkan penjualan. Jumlah nasabah pada BRISyariah Kantor Cabang Trunojoyo Jember berkisar 28-29 orang pada pembukaan Tabungan Faedah setiap harinya. Kata kunci : Penetrasi Pasar, Tabungan Faedah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:14
Last Modified: 03 Apr 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item View Item