Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Barang Agunan Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi.

Sari, Annissa Wahyuning (2018) Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Barang Agunan Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annissa Wahyuning Sari_083143012.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. Pegadaian (Persero) merupakan kegiatan menjaminkan barang- barang berharga kepada pihak tertentu, guna mendapatkan sejumlah uang senilai barang yang dijaminkan yang akan ditebus sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dengan lembaga gadai. Kebanyakan nasabah datang kepegadaian untuk menggadaikan barangnya guna mendapatkan uang tunai ataupun mendapatkan yang di nilai di butuhkan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme sistem pengendalian internal penyimpanan dan perawatan barang agunan di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi?. 2) Bagaimana Peran Sumber Daya Manusia (SDM) karyawan pada pelaksanaan sistem pengendalian internal penyimpanan dan perawatan barang agunan di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan mekanisme sistem pengendalian internal penyimpanan dan perawatan barang agunan di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan peran Sumber Daya Manusia (SDM) karyawan pada pelaksanaan sistem pengendalian internal penyimpanan dan perawatan barang agunan di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Banyuwangi. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Mekanisme sistem pengendalian internal penyimpanan dan perawtan di sini diartikan sebagai penyimpanan dan perawatan barang yang sudah dilakukan dengan semaksimal mungkin dari mulai penerimaan barang hingga pelunasan, yang diadakan setiap dua sampai seminggu sekali. 2) Peran Sumber Daya Manusia (SDM) karyawan pada pelaksanaan sistem pengendalian internal penyimpanan dan perawatan barang agunan di sini berkaitan dengan pegawai yang baru mengikuti pelatihan, diklat serta pegawai dengan mutu yang baik, sehingga membuat kinerja pegawai sesuai dengan prosedur. Kata kunci: Sistem Pengendalian Internal, Barang Agunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:15
Last Modified: 03 Apr 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21537

Actions (login required)

View Item View Item