Pamungkas, Dias Putri (2018) Perlindungan Nasabah Tindakan Skimming Di Bank Syariah Mandiri Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Dias Putri Pamungkas_083143003.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bank Syariah Mandiri Area Jember telah memiliki komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi nasabah, salah satu pelayanan yang diberikan adalah perlindungan terhadap nasabah dengan prinsip yang diberlakukan antara lain transparasi perlakuan adil, kehandalan, serta tertera penyelesaian sengketa nasabah secara sederhana, cepat dan biaya terjangkau. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini: Pertama, bagaimana prosedur pengaduan nasabah korban dari tindakan skimming di Bank Syariah Mandiri Area Jember?. Kedua, bagaimana upaya perlindungan nasabah dari tindakan skimming di Bank Syariah Mandiri Area Jember. Tujuan penelitian ini untuk: Pertama, mengetahui prosedur pengaduan nasabah korban dari tindakan skimming di Bank Syariah Mandiri Area Jember. Kedua, mengetahui upaya perlindungan nasabah dari tindakan skimming di Bank Syariah Mandiri Area Jember. Selutuh data yang diproleh dalam peneitin ini, baik data primer dan data sekunder dianalisis secara kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif yang diperoleh langsung dari informan yaitu back office, customer service, & security diproleh dari hasil wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interpretatif dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Pertama, prosedur pengaduan nasabah dan upaya perlindungan nasabah sudah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Nasabah Sektor Jasa Keuangan yang tertuang dalam Bab III terdapat pasal 40 dan 41, bahwa proses prosedur pengaduan nasabah kepada pihak bank hingga proses penyelesaian lewat regulator oleh Otoritas Jasa Keuangan. Kedua, Bank Syariah Mandiri Area Jember untuk perlindungan nasabah sudah menerapkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Nasabah Sektor Jasa Keuangan yang tertuang dalam Bab I pasal 2. Kata Kunci : Perlindungan Nasabah, Skimming
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:16 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21546 |
Actions (login required)
View Item |