Sugiarti, Fera (2019) Upaya Meningkatan Keterampilan Sosial Melalui Permainan Dakon pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Fera Sugiarti_T201511082.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan keterampilan sosial sangat penting untuk anak usia dini, hal ini akan menjadi bekal saat anak memasuki dunia pergaulan yang lebih luas, dimana pengaruh temanteman dan lingkungan sosial akan mempengaruhi kehidupannya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada aspek kerjasama, menghargai, dan berbagi bagi anak, adalah melalui permainan dakon. Dimana permainan ini melibatkan 2-3 anak yang sama-sama melakukan interaksi sosial. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana upaya meningkatkan keterampilan sosial pada aspek kerjasama melalui permainan dakon pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember?. 2). Bagaimana upaya meningkatkan keterampilan sosial pada aspek menghargai melalui permainan dakon pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember? 3). Bagaimana upaya meningkatkan keterampilan sosial pada aspek berbagi melalui permainan dakon pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data condensation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1). Upaya meningkatkan keterampilan sosial pada aspek kerjasama melalui permainan dakon pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember adalah mengupayakan anak didik untuk belajar memiliki sikap tolong menolong, sikap terbuka menerima kehadiran orang lain, dan membantu kesalahan temannya dalam bermain. Upaya tersebut dilakukan untuk meminimalisir sikap individual anak dalam berinteraksi sosial. Upaya tersebut dikemas melalui media permainan dakon sebagai media dalam belajar dan bermain. 2). Upaya meningkatkan keterampilan sosial pada aspek menghargai melalui permainan dakon pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember dilakukan dengan cara memberi contoh anak untuk bisa menghargai perilaku temannya, guru, orang tua, dan orang lain. Selain itu, para guru juga menanamkan sikap menghargai kelebihan kemampuan yang dimiliki teman sebayanya dalam konteks apapun. 3). Upaya meningkatkan keterampilan sosial pada aspek berbagi melalui permainan dakon pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Nurul Mubin Suger Kidul Jelbuk Jember adalah mendidik anak agar belajar memiliki sikap berbagi, membantu kepada teman antar sebaya, dan saling menerima kehadiran orang lain dalam bermain. Dari sikap ini, anak akan mampu belajar bagaimana bisa berbagi bersama orang lain dan mampu belajar bahwa dirinya juga harus bisa saling memberi dan menerima terhadap orang lain, yang pada akhirnya penanaman sikap tersebut mampu mengembangkan keterampilan-keterampilan sosial yang kelak dapat membantu dirinya ketika melakukan hubungan interaksi sosial pada skala yang luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:16 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21552 |
Actions (login required)
View Item |