Perlindungan Nasabah Pengguna Electronic Data Capture (EDC) PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember

Susanti, Ika (2018) Perlindungan Nasabah Pengguna Electronic Data Capture (EDC) PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Susanti_083143254.pdf

Download (5MB)

Abstract

Electronic Data Capture (EDC) memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi nasabah pengguna Electronic Data Capture (EDC). Memberikan beberapa perubahan positif dalam kompetisi lembaga perbankan dan keuntungan (profit) dan pembagian pasar (market share) suatu bank akan semakin besar dan luas. PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember berusaha memberikan kemudahan pembayaran pada nasabah melalui layanan Electronic Data Capture (EDC). Pemasaran Electronic Data Capture (EDC) di PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember mengalami peningkatan setiap tahunnya. Demikian, peningkatan penggunaan EDC di PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember berpotensi pula meningkatkan masalah yang timbul akibat dari transaksi EDC tersebut, baik masalah yang disebabkan oleh kelalaian pihak pengguna, maupun masalah fraud (kejahatan) yang sengaja dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perlindungan Nasabah Pengguna Electronic Data Capture (EDC) di PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember? 2) Tindakan preventif apa saja yang dilakukan PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember untuk menghindari permasalan yang mungkin timbul saat menggunakan EDC? 3) P rosedur apa saja yang diterapkan PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember dalam proses penyelesaian masalah yang timbul karena menggunakan EDC? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memahami bagaimana perlindungan nasabah pengguna Electronic Data Capture (EDC) di PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember, untuk mengetahui tindakan apa dan bagaimana prosedur penyelesaian masalah Electronic Data Capture (EDC) di PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.. Hasil penelitian: 1) perlindungan nasabah pengguna Electronic Data Capture di PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember dilakukan dengan dua tindakan yaitu tindakan preventif dan tindakan penyelesaian. 2)Tindakan preventif terdiri dari: menjaga data, melakukan perawatan fisik (mesin dan kartu) meningkatkan kemampuan aplikasi, peningkatan prosedur, menumbuhkan kesadaran prilaku dan kemampuan sumber daya manusia (SDM), dan memberikan buku panduan merchant kasir terhadap kasir merchant. 3) Prosedur penyelesaian pengaduan nasabah, prosedur pengembalian dana dan prosedu penyelesaian sengketa. Kata Kunci : Perlindungan Nasabah, Mesin Elektronic Data Capture (EDC), PT. Bank Central Asia (BCA) KCU Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:17
Last Modified: 03 Apr 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item