Analisis Pelatihan dan Pendidikan dalam Peningkatan Agen BRILink di BRI Unit Tegal Besar.

Kholidiyah A, Nuron (2018) Analisis Pelatihan dan Pendidikan dalam Peningkatan Agen BRILink di BRI Unit Tegal Besar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuron Kholidiyah A._083143193.pdf

Download (14MB)

Abstract

BRI melakukan trobosan baru untuk dapat bersaing, dengan membentuk pola transaksi yang berbeda dengan di kantor BRI yang pada umumnya Bank yaitu mengantri, tatap muka langsung antara nasabah dengan teller yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Dan juga strategi untuk memperluas layanan channel dan layanan Bank BRI, yang belum terakses layanan perbankan. Dimana BRI bekerja sama dengan nasabah untuk menjadi agen yang dapat melayani transaksi perbankan. Inovasi channel tersebut adalah BRILink. Untuk meningkatkan kemampuan agen dalam transaksi perbankan, maka pihak Bank BRI memberikan pelatihan dan pendidikan bagi para Agen BRILink. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1). Bagaimana pelatihan dan pendidikan yang diberikan pihak Bank BRI Unit Tegal Besar dalam peningkatan Agen BRILink? (2). Apa yang menjadi tujuan, target, serta sasaran diberikannya pelatihan dan pendidikan kepada Agen BRILink oleh pihak Bank BRI Unit Tegal Besar? Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui pelatihan dan pendidikan yang diberikan pihak Bank BRI Unit Tegal Besar dalam meningkatkan Agen BRILink. (b). Untuk mengetahui tujuan, target, serta sasaran diberikannya pelatihan dan pendidikan kepada Agen BRILink oleh pihak Bank BRI Unit Tegal Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian menggunakan field research. Subyek penelitian menggunakan snowball sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis data melalui tiga cara yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1). Pelatihan dan pendidikan yang diberikan hanya mengenai cara penggunaan atau cara untuk mengoperasionalkan mesin EDC dan aplikasi BRILink Mobile. Pelatihan dan pendidikan tersebut diberikan oleh petugas dari Kantor Cabang Jember langsung, atau bisa juga melalui Mantri yang menangani di wilayah Agen tersebut. (2). Tujuan, target, dan sasaran diberikannya pelatihan dan pendidikan kepada Agen BRILink oleh pihak Bank BRI Unit Tegal Besar yaitu tujuannya untuk menambah kemampuan Agen BRILink dalam mengoperasionalkan mesin EDC dan aplikasi BRILink Mobile, selain itu juga kemampuan mempromosikan produk-produk dari BRI sendiri. Target yang harus dipenuhi oleh Agen BRILink yaitu 200 transkasi perbulan, jika kurang dari target maka dikenakan penalty. Selanjutnya sasaran yaitu masyarakat yang jauh dari kantor bank, dan masyarakat yang belum mengenal perbankan. Kata Kunci: Pelatihan dan Pendidikan, Agen BRILink

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:24
Last Modified: 03 Apr 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21582

Actions (login required)

View Item View Item