Upaya meningkatkan kemampuan bahasa melalui permainan origami bagi anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Silo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Mardiana, Ms. (2017) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa melalui permainan origami bagi anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Silo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. MARDIANA_T201511078.pdf

Download (15MB)

Abstract

Salah satu permainan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa bagi anak adalah dengan bermain Origami. Dengan permainan tersebut, anak mendapatkan pengetahuan yang banyak tentang pembedaharaan kata tentang hewan dan lingkungan mereka, karena bentuk Origami yang dibuat dapat dijadikan media pengenalan tentang berbagai hewan dan lingkungan anak. Permainan Origami dapat membantu kemampuan bahasa, dengan menambah pembendaharaan kosakata, kemampuan mengucapkan katakata, melatih merangkai kalimat sesuai dengan tahap perkembanganya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1), bagaimana upaya meningkatkan kemampuan bahasa pada aspek kosakata dan aspek sintaksis melalui permainan Origami pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2), apa faktor kendala upaya meningkatkan kemampuan bahasa melalui permainan origami pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1), upaya meningkatkan kemampuan bahasa pada aspek kosakata dan aspek sintaksis melalui permainan Origami pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Kecamatan Silo Jember, yaitu: a), melalui permainan origami, guru berusaha mengembangkan kemampuan bahasa dasar anak dalam memahami makna dari suatu maksud tertentu serta mengupayakan anak untuk bisa mengerti perkataan dari guru-gurunya. b), melalui permainan origami, guru melatih anak didik dalam mengumpulkan pembendaharaan kata atau konsep. Upaya tersebut dilakukan agar anak didik mampu mengenal dan menyebutkan nama sesuatu benda / objek tertentu. Adapun upaya dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada aspek sintaksis dilakukan dengan melatih anak didik melalui permainan Origami dalam mengumpulkan dan mengolah pembendaharaan kosakata menjadi kalimat yang beraturan, baik dari segi tata bahasanya, sistem bunyi, maupun dari keteraturan dalam berbicara. 2), Faktor kendala upaya meningkatkan kemampuan bahasa melalui permainan origami pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan Silo Jember adalah menyangkut: a), faktor bahasa, dimana sebagian besar anak didik menggunakan bahasa Madura yang akhirnya berimbas pada penyebutan kosakata dan penggunanaan tata bahasa pada anak didik b), minimnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak didik belajar. Permasalahan tersebut dilatarbelakangi oleh faktor orang tua yang sibuk mencari nafkah yang akhirnya berpengaruh terhadap kekurangmaksimalnya anak dalam meningkatkan kemampuan bahasanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:25
Last Modified: 03 Apr 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21600

Actions (login required)

View Item View Item