Darmawati, Ester Eka Puji (2017) Hubungan Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Disiplin Guru di MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ester Eka Puji Darmawati_ 084111172.pdf Download (4MB) |
Abstract
Reward dan punishment merupakan dua bentuk metode dalam memotivasi seseorang untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasinya. Dalam dunia pendidikan kedua metode ini sudah cukup lama dikenal untuk meningkatkan kedisiplinan seseorang. Peneliti ini berusaha mengungkapkan permasalahan tentang apakah ada hubungan pemberian reward dan punishment terhadap disiplin guru di MI Riyadut Tholibin suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Adapun sub pokok permasalahnya yaitu: 1) Adakah hubungan reward terhadap disiplin guru di MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?.. 2) Adakah hubungan punishment terhadap disiplin guru di MI Riyadut Tholibin suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) adakah hubungan pemberian reward dan punishment terhadap disiplin guru MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pemberian reward dan punishment terhadap disiplin guru di MI Riyadut Tholibin suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan khusus 1) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan reward terhadap disiplin guru di MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?.. 2) untuk mengetahui hubungan punishment terhadap disiplin guru di MI Riyadut Tholibin suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) untuk mengetahui hubungan pemberian reward dan punishment terhadap disiplin guru MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan berjenis korelasional. Populasi dan sampelnya menggunakan sampling jenuh. Teknik dan instrument pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa nilai adalah sebesar 0,938 dan nilai pada taraf signifikansi 0,05 adalah sebesar 0,553 yang berarti lebih besar dari (0,938 > 0,553), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai 0,938 jika dikorelasikan dengan tabel intrepretasi r terletak pada interval 0,800 sampai dengan 1,00 yang berarti Tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa reward mempunyai hubungan positif yang tinggi terhadap disiplin guru MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis Product Moment, di peroleh bahwa nilai adalah sebesar 0,991 dan nilai pada taraf signifikansi 0,05 adalah sebesar 0,553 yang berarti lebih besar dari (0,991 > 0,553), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai 0,991 jika dikorelasikan dengan tabel intrepretasi r terletak pada interval 0,800 sampai dengan 1,00 yang berarti Tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa punishment mempunyai hubungan positif yang tinggi terhadap disiplin guru MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis Product Moment, di peroleh bahwa nilai adalah sebesar 0,973 dan nilai pada taraf signifikansi 0,05 adalah sebesar 0,553 yang berarti lebih besar dari (0,973 > 0,553), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai 0,973 jika dikorelasikan dengan tabel intrepretasi r terletak pada interval 0,800 sampai dengan 1,00 yang berarti Tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa reward dan punishment mempunyai hubungan positif yang tinggi terhadap disiplin guru MI Riyadut Tholibin Suco Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:51 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21663 |
Actions (login required)
View Item |