Aeni, Nur (2017) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Terhadap Akhlak Siswa kelas X di SMK AlHasan PantiJember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nur Aeni_084121092.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang latar belakang pendidikan dan pengaruhnya terhadap akhlak siswa. Kajian ini dilatar belakangi karena pendidikan merupakan salah satu faktor pembentukan perilaku atau akhlak seorang individu. Menurut Burhanuddin suatu sikap yang telah menjadi sifat atau kelakuan,dibentuk oleh 4 jenis pengaruh yaitu kebiasaan, pendidikan, agama, kesadaran jiwa. Dari hasil wawancara dengan salah satu guru PAI di SMK Al-Hasan Panti Jember peneliti menemukan permasalahan dimana ada beberapa siswa berlatar belakang pendidikan keagamaan berperilaku kurang terpuji dan ada pula beberapa yang berakhlak terpuji, begitu pula dengan siswa dengan latar belakang pendidikan umum ada beberapa siswa yang berperilaku terpuji dan kurang terpuji. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah ada pengaruh latar belakang pendidikan formal terhadap akhlak siswa kelas X di SMK Al-Hasan Panti Jember tahun pelajaran 2016/2017 ?, (2) Apakah ada pengaruh latar belakang pendidikan formal terhadap akhlak pada Allah SWT siswa kelas X di SMK Al-Hasan Panti Jember tahun pelajaran 2016/2017 ?, (3) Apakah ada pengaruh latar belakang pendidikan formal terhadap akhlak pada sesama manusia siswa kelas X di SMK Al-Hasan Panti Jember tahun pelajaran 2016/2017 ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan formal terhadap akhlak siswa kelas X di SMK Al-Hasan Panti Jember Tahun pelajaran 2016/2017.(2) Untuk mengatahui pengaruh latar belakang pendidikan formal terhadap akhlak pada Allah SWT siswa kelas X di SMK Al-Hasan Panti Jember Tahun pelajaran 2016/2017.(3) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan formal terhadap akhlak pada sesama manusia siswa kelas X di SMK Al-Hasan Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research.Teknik dan instrumen pengumpulan data meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Peneliti menggunakan analisis korelasi dengan rumus statistik Chi Kuadrat. Hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh antara latar belakang pendidikan formal dengan akhlak siswa kelas X di SMK AlHasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Tidak ada pengaruh antara latar belakang pendidikan formal dengan akhlak pada Tuhan siswa kelas X di SMK Al-Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Tidak ada pengaruh antara latar belakang pendidikan formal dengan akhlak pada sesama manusia siswa kelas X di SMK Al-Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Keywords : Latar belakang pendidikan siswa, akhlak siswa pada Allah SWT, akhlak siswa pada sesama manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:53 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21694 |
Actions (login required)
View Item |