Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017

Nadiroh, Siti (2017) Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nadiroh_084131366.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sebelumnya di desa Gambangan, peneliti memperoleh data bahwa para remaja yang berusia 13 – 17 tahun cenderung enggan belajar di madrasah diniyah. Adapun alasan mereka yaitu: merasa puas dengan hanya belajar di sekolah formal, terlalu lelah jika harus belajar di madrasah diniyah setelah belajar di sekolah formal, adanya anggapan bahwa belajar agama cukup bisa membaca Al – Qur’an saja, dan sulit membagi waktu antara sekolah formal dan diniyah. Namun, di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin, ada beberapa remaja yang masih bersemangat untuk belajar ditengah kesibukan sekolah formal mereka. Hal tersebut tentunya menjadi sesuatu yang unik di tengah kondisi masyarakat yang menganggap bahwa belajar agama cukup dengan hanya bisa membaca Al – Qur’an. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu:1. Bagaimana motivasi sosiogenetis peserta didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017?, 2. Bagaimana motivasi teogenetis peserta didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017? Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan motivasi sosiogenetis peserta didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017, 2. Mendeskripsikan motivasi teogenetis peserta didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Subjek penelitiannnya menggunakan purposive. Teknik pengumpilan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah – langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Motivasi sosiogenetis peserta didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017 berasal dari dukungan dari orang tua, peran guru, pengaruh teman sebaya, lingkungan yang bernuansa pesantren, dan pentingnya mempelajari akhlakul karimah untuk berinteraksi dengan masyarakat. 2. Motivasi teogenetis peserta didik di Madrasah Diniyah Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso Tahun 2017 berasal dari kesadaran peserta didik akan pentingnya ilmu untuk memahami agama Islam, untuk beribadah diperlukan ilmu, meneladani akhlak Nabi Muhammad, dan kesadaran bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21703

Actions (login required)

View Item View Item