Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Autis di Yayasan Nabighah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Nadziroh, Siti (2017) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Autis di Yayasan Nabighah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nadziroh_084121107.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan adalah berbagi usaha yang dilakukan oleh seseoran (pendidik) terhadap seseorang (anak didik) agar tercapai perkembangan yang maksimal yang positif. Usaha yang dilakukan adalah dengan cara mengajarnya, yaitu mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di yayasan Nabighah Larangan Candi Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017? 2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di yayasan Nabighah Larangan Candi Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana evaluasi (hasil) yang dicapai dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di yayasan Nabighah Larangan Candi Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di yayasan Nabighah Larangan Candi Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agam Islam bagi anak autis di yayasan Nabighah Larangan Candi Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi (hasil) pembelajaran pendidikan agam Islam bagi anak autis di yayasan Nabighah Larangan Candi Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan pasif, metode wawancara tidak terstruktur, serta dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verification, dengan keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian dari implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di yayasan Nabighah tahun pelajaran 2016/2017. 1) Dalam perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di yayasan Nabighah ada beberapa indikator yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di yayasan Nabighah mencakup tiga hal yaitu pre tes, proses (pembentukan kompetensi), dan post tes. 3) Di yayasan Nabighah dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran dilakukan dalam enam bulan sekali atau satu semester, agar guru mengetahui hasil belajar atau perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran selama satu semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item View Item