Hidayati, Ulfa Nurul (2018) Hubungan Antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Kelengkapan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Sultan Agung Kasiyan Timur Puger Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ulfa Nurul Hidayati_084131451.pdf Download (4MB) |
Abstract
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan menengah. Kompetensi guru adalah seperangkat alat kemampuan penugasan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerja secara tepat dan efektif. Kompetensi guru juga sebagai alat berguna untuk memberikan pelayanan terbaik agar siswa merasa puas dalam melaksanakan proses belajar mengajar,sehingga hasil belajar siswa baik. Selain itu fasilitas belajar juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memudahkan terselenggaranya kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah:1) Adakah hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung Kasiyan Timur Puger tahun pelajaran 2017/2018?. 2) Adakah hubungan antara persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung Kasiyan Timur Puger tahun pelajaran 2017/2018?. 3) Adakah hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung Kasiyan Timur Puger tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk menganalisis dan menguji hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung Kasiyan Timur Puger tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk menganalisis dan menguji hubungan antara persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung Kasiyan Timur Puger tahun pelajaran 2017/2018. 3) Untuk menganalisis dan menguji hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung Kasiyan Timur Puger tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 190 siswa dan responden sebanyak 129 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan stratified proportionate random sampling. Pengumpulan data pada penelititan ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis analisis deskriptif dengan mencari prosentase masing-masing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasional dengan menggunakan korelasi ganda yang sebelumnya dianalisis dengan rumus product moment.Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung tahun pelajaran 2017/2018. 2)Tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung tahun pelajaran 2017/2018. 3) Tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Sultan Agung tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:54 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21707 |
Actions (login required)
View Item |