Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Mahmudah, Ulfatul (2018) Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulfatul Mahmudah_ 084131174.pdf

Download (4MB)

Abstract

Realitas yang ada di Madrasah Tsanawiyah Ashri Jember ini ketersediaan media audio visual dalam pembelajaran yang diterapkan atau digunakan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dikelas sudah baik, dan guru bisa mengkondisikan kelas sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan efisien sedangkan siswa sendiri merasa lebih antusias dan bersemangat dalam pemanfaatan media audio visual tersebut pada pembelajaran aqidak akhlak. Hanya saja pemanfaatan media audio visual tersebut tidak selalu digunakan di dalam kelas seperti televisi, karena diletakkan diruang multimedia, komputer letaknya di laboratorium komputer. Maka fokus pembahasan penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana pelaksanaan Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 3) Bagaimana Evaluasi Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ASHRI Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan Pemanfaatan Media Audio-Visual pada Pembelajaran Aqidah Akhlak sudah sesuai dengan teori yaitu dengan menggunakan RPP, Silabus, Prota, Promes, dan Kalender Pendidikan agar guru dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa secara sistematis sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan, 2) Dalam pelaksanaan sebuah proses pembelajaran di lakukan oleh guru Madrasah Tsanawiyah termasuk guru aqidah akhlak adalah memanfaatkan media Lab Multimedia sebagai sarana belajar aqidah akhlak jika dalam menganalisis gambar. Disamping menggunakan Lab Multimedia terkadang para siswa menambah pengetahuan aqidah akhlaknya dan mengasah kemampuannya dengan menggunakan media computer dan jaringan internet, 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Ashri Jember sudah cukup baik yaitu evaluasi setelah selesai pelajaran yaitu dengan menanyakan langsung kepada siswa mengenai pelajaran yang baru saja di sampaikan atau kadang-kadang langsung menunjuk beberapa siswa untuk menuliskan sebuah contoh-contoh pada media visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:54
Last Modified: 04 Apr 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item View Item