Zulaeha, Wamalatus (2017) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1 Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Wamalatus Zulaeha_084121052.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar sangatlah penting bagi peserta didik terutama lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Karena ketiga lingkungan tersebut sama-sama berperan aktif dalam pendidikan seorang anak. Dengan memanfaatkan lingkungan ini, seorang anak bisa mendapatkan suatu pengalaman baik berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam lingkungan belajarnya. Berpijak dari latar belakang tersebut di atas maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Bagaimana pemanfaatan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1 Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1 Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1 Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi, interview dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian disimpulkan antara lain; 1) Pemanfaatan lingkungan keluarga sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 ditunjukkan dengan adanya pemanfaatan lingkungan keluarga oleh orang tua yaitu memanfaatkan hari libur mengaji seorang anak untuk mengajari anaknya belajar Pendidikan Agama Islam seperti hafalan suratsurat pendek. Jika anak tersebut tidak bisa hafal surat-surat yang dihafalkan, maka orang tua tersebut menggunakan suatu hukuman (punishment) yang bernilai positif. 2) Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 ditunjukkan pada waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1 kebanyakan menggunakan praktik agar siswa lebih faham pada materi yang di ajarkan karena materi Pendidikan Agama Islam kebanyakan halhal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari seperti materi sholat dan wudlu’. Guru-guru di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1 juga menggunakan model pembelajaran bermain peran. 3) Pemanfaatan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonokusumo 1, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017 ditunjukkan adanya kegiatan belajar bersama dengan masyarakat yang dilakukan oleh beberapa anak di lingkungan masyarakat. Hal lainnya juga diadakan kegiatan rutin oleh para santri berupa kegiatan khotmil Qur’an pada hari minggu yang ada di lingkungan masyarakat. Hal itu bertujuan agar semua anak mendapatkan pelajaran dan didikan yang bersifat positif dan bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:55 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21719 |
Actions (login required)
View Item |