Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017

Iqlima, Ms. (2017) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun Akademik 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. IQLIMA_084 131 378.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu hal yang memengaruhi kesuksesan belajar adalah konsentrasi anak didik. Anak didik yang memiliki konsentrasi belajar, mampu menyerap informasi yang lebih banyak dibandingkan dengan anak didik yang tidak berkonsentrasi. Di dalam teori, dikatakan bahwa salah satu cara untuk mengembangkan konsentrasi ialah dengan membangun motivasi yang tinggi dari pelajar. Dengan demikian, penelitian berusaha menjelaskan hubungan yang ada di antara konsentrasi dan motivasi. Hasilnya nanti, bisa semakin memperkuat teori yang sudah ada, atau justru membantah dan menyanggahnya dengan menghadirkan bukti-bukti yang akurat yang bisa dipertanggung-jawabkan di dalam dunia akademisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum yaitu: Adakah pengaruh motivasi terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Progam Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun akademik 2016/2017? Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua sub masalah, yaitu: 1) Adakah pengaruh motivasi intrinsik terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Progam Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun akademik 2016/2017? 2) Adakah pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Progam Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun akademik 2016/2017? Tujuan dalam penelitian ini secara umum yaitu Untuk mengkaji pengaruh motivasi terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Progam Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun akademik 2016/2017. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua, yaitu: 1) Untuk mengkaji pengaruh motivasi intrinsik terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Progam Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun akademik 2016/2017, 2) Untuk mengkaji pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap konsentrasi belajar mahasiswa Progam Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di IAIN Jember Tahun akademik 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam mengambil sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik random sampling. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, ialah: (1) observasi, (2) interview, (3) angket, dan (4) dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji validitas adalah teknik korelasi product moment. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis product moment, telah diperoleh nilai rhitung sebesar 0.386 dan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% adalah 0.187 yang berarti rhitung lebih besar dari rtabel(0.386>0.187), sehinggan H0 ditolak dan Ha diterima. Jika dikorelasikan dengan tabel interpretasi korelasi nilai r, ternyata r hitung = 0.386 digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix terletak antara 0.200 sampai dengan 0.400 yang berarti rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang rendah antara motivasi belajar—termasuk di dalamnya motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik— terhadap konsentrasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 di IAIN Jember tahun akademik 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:56
Last Modified: 04 Apr 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21730

Actions (login required)

View Item View Item