Firdausiyah, Putri (2017) Peran lingkungan pendidikan dalam pembentukan akhlaq siswa di SDN Wonojati 02 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
PUTRI FIRDAUSIYAH_084 121 093.pdf Download (2MB) |
Abstract
Implementasi pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara orang tua, sekolah dan masyarakat. Keberadaan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sebagai lingkungan pendidikan bagi anak merupakan titik strategis dalam proses pembentukan karakter dan kepribadian anak dimasa selanjutnya. Fase pendidikan di keluarga dan sekolah merupakan babak awal dari episode kehidupan anak yang terus bersambung dan dipastikan akan mewarnai serta berpengaruh besar terhadap jalan cerita seorang anak pada episode berikutnya. Disinilah peran lingkungan pendidikan di keluarga dan sekolah menjadi vital dalam pembentukan kepribadian anak dimasa yang akan datang. Penelitian ini fokus pada tiga hal, yakni ; (1) Bagaimana peran lingkungan pendidikan di Keluarga dalam pembentukan akhlaq siswa di SDN Wonojati 02 Jenggawah Jember tahun 2016 ? (2) Bagaimana peran lingkungan pendidikan di Sekolah dalam pembentukan akhlaq siswa di SDN Wonojati 02 Jenggawah Jember tahun 2016 ? (3) Bagaimana peran lingkungan pendidikan di Masyarakat dalam pembentukan akhlaq siswa di SDN Wonojati 02 Jenggawah Jember tahun 2016 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran lingkungan pendidikan dalam keluarga,sekolah dan masyarakat yang mana lingkungan pendidikan dalam keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama,kemudian fase kedua setelah pendidikan dalam keluarga dilanjutkan oleh pendidikan dalam sekolah yang kemudian hasul dari pendidikan dalam keluarga dan sekolah di realisasikan dalam lingkungan pendidikan di dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, karena itu data dikumpulkan melalui; observasi, interview dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif model Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama sehingga keberadaan lingkungan keluarga memiliki peran dalam pembentukan akhlaq siswa, sebab keberadaan lingkungan pendidikan di keluarga merupakan titik awal yang strategis dalam proses pembentukan akhlak dan kepribadian anak dimasa selanjutnya. (2) sebagai lembaga pendidikan kedua setelah lingkungan keluarga pendidikan di sekolah sebagai fase kedua berperan positif dalam pembentukan akhlak siswa, karena di sekolah mengajarkan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat disamping mengajarkan berbagai keterampilan dan kepandaian kepada peserta didik. yang dituangkan dalam kebijakan-kebijakan, program-program, peraturan dan tata tertib sekolah yang tegas dan rinci serta dipraktekkan melalui pembiasaan dan keteladanan akan nilai-nilai akhlak mulia dalam aktivitas sehari-hari di sekolah baik dalam aspek keagamaan maupun aspek yang bersifat umum,di sekolah siswa juga bergaul dengan sesama siswa, guru, karyawan dan tenaga kependidikan lainnya secara santun. (3) sebagai lembaga selanjutnya, lingkungan pendidikan di masyarakat memiliki peran dalam pembentukan akhlaq siswa, sebab lingkungan pendidikan di masyarakat turut mempengaruhi baik buruknya kepribadian anak, apabila yang bersangkutan tinggal di lingkungan masyarakat yang baik maka anak didik berusaha digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii berkepribadian seperti orang-orang yang ada di lingkungannya, begitu juga sebaliknya jika anak didik berada di lingkungan yang buruk anak akan turut bersikap buruk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:58 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21740 |
Actions (login required)
View Item |