Rasid, Abdu Rahman (2019) ontribusi Taman Baca Masyarakat di Kampung Baca Patrang Jember Tahun 2019. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Abdu Rahman Rasid_084121351.pdf Download (14MB) |
Abstract
Setiap Taman Baca Masyarakat yang dibangun akan mempunyai makna apabila dapat menjalankan peran sebaik-baiknya, dimana peran tersebut berhubungan dengan keberadaan, tugas dan fungsinya. Poin utama dalam kegiatan Taman Baca Masyarakat adalah pelayanan dan penyediaan buku-buku untuk menunjang kegiatan pembelajaran bagi masyarakat, baik taman baca sebagai sumber belajar, sumber informasi, dan sumber rekreasi. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1), bagaimana kontribusi Taman Baca Masyarakat sebagai sumber belajar di Kampung Baca Patrang Jember Tahun 2019?. 2), bagaimana kontribusi Taman Baca Masyarakat sebagai sumber informasi di Kampung Baca Patrang Jember Tahun 2019?. 3), bagaimana kontribusi Taman Baca Masyarakat sebagai sumber hiburan (rekreasi) di Kampung Baca Patrang Jember Tahun 2019? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Kampung Baca Patrang Jember Tahun 2019 Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduksi, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan: 1), Kontribusi Taman Baca Masyarakat sebagai sumber belajar di Kampung Baca Patrang Jember tahun 2019 adalah menjadi wadah belajar yang berusaha menyediakan berbagai sumber belajar dan informasi, baik berupa bahan pustaka (teoritis dan praktis) dan bahan multimedia lainnya kepada masyarakat luas tanpa memandang status, usia, dan profesi. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat yang memiliki budaya membaca dalam lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Adapun bentuk dari kontribusi Taman Baca Masyarakat tersebut yaitu: a), adanya program “Sudut Baca”. b), menjadi media religius dengan mengadakan kegiatan mengaji yang diperuntukkan bagi anak-anak masyarakat sekitar TBM Kampung Baca. 2), Kontribusi Taman Baca Masyarakat Kampung Baca TBM Kampung Baca sebagai sumber informasi adalah berusaha menyediakan bahan bacaan tertulis dan digital berupa akses internet yang dapat dipergunakan masyarakat untuk mencari berbagai informasi. Selain itu, Taman Baca Masyarakat sebagai sumber informasi adalah dengan mengadakan kegiatan bedah film dan kegiatan pelatihan. 3), Kontribusi Taman Baca Masyarakat Kampung Baca TBM Kampung Baca sebagai sumber rekreasi yaitu dengan adanya fasilitas permainan yang menghibur seperti: a), adanya taman bermain. B), adanya program wisata literasi (anjangsana literasi). c), tersedianya pohon baca sebagai taman belajar dan bermain. d), adanya kegiatan permainan Outbond sebagai bentuk pelatihan kemampuan jiwa kepemimpinan, mandiri, keberanian, percaya diri, dan tanggung jawab yang dikemas dengan permainan yang menyenangkan sekaligus mendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 24 May 2021 07:39 |
Last Modified: | 24 May 2021 07:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
View Item |