Kerjasama Orang Tua dengan Pendidik dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Membaca Alquran di Yayasan Darul Firdaus Tahun 2017.

Arif, Ahmad Syamsul (2017) Kerjasama Orang Tua dengan Pendidik dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Membaca Alquran di Yayasan Darul Firdaus Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Syamsul Arif_084121064.pdf

Download (7MB)

Abstract

Di era kemerosotan moril yang menjadi tanggungan besar bagi pendidik terutama orang tua mulai tidak ada kendali, karena kebanyakan dari orang tua hanya menjalankan kewajiban dalam memberi makan dan tempat berlindung dari cuaca, tidak untuk kepada akademisnya maupun agamaisnya. Hal ini sudah tergambar dari mayoritas orang tua bekerja tanpa mengatahui jelas perkembangan anak di sekolah maupun di rumah. Sehubungan dengan konteks tersebut maka perlu adanya jembatan sebagai penghubung untuk mewujudkan cita bangsa, cita agama dalam mewujudkan insan kamil dalam kehidupan dunia dan akheratnya kelak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana kerjasama orang tua dengan pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran sesuai kaidah tajwid di yayasan Darul Firdaus Jember tahun 2017? 2) Bagaimana kerjasama orang tua dengan pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran dengan tartil di yayasan Darul Firdaus Jember tahun 2017?. Tujuan penelitiannya adalah: 1) Mendeskripsikan bentuk kerjasama orang tua dengan pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran sesuai kaidah tajwid di yayasan Darul Firdaus Jember tahun 2017. 2) Mendeskripsikan bentuk kerjasama orang tua dengan pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran dengan tartil di yayasan Darul Firdaus Jember tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verification. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah: 1) Bentuk kerjasama orang tua kerjasama orang tua dengan pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran sesuai kaidah tajwid yaitu proses komunikasi orang tua dengan pendidik dan komunikasi dengan anak, rapat antara yayasan dan wali santri dan saling memberikan support. 2) Bentuk kerjasama orang tua kerjasama orang tua dengan pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran dengan tartil yaitu pembiasaan membaca dengan hukum tajwid di rumah atau di yayasan, motivasi antara pendidik/ orang tua dan anak, memberikan bimbingan dalam berbentuk latihan membaca Alquran dan memberi waktu tambahan untuk belajar membaca Alquran di yayasan Darul Firdaus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:42
Last Modified: 05 Apr 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21782

Actions (login required)

View Item View Item