Penulis artikel Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul Jember

Zainal, Abidin (2022) Penulis artikel Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul Jember. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3 (1). pp. 1-13. ISSN e-2723-0708, p-2723-1100

[img] Text
Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul Jember.pdf

Download (462kB)
Official URL: https://al-adabiyah.iain-jember.ac.id/index.php/ad...

Abstract

Kajian ini hendak mengungkap materi, metode dan implikasi pembelajaran majelis taklim pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini mengungkap: Pertama, materi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin yakni mempelajari materi tematik yang menyesuaikan dengan momentum terkini, pembelajaran akhlak serta pembelajaran kitab Risalatul Muawwanah yang di dalamnya mengulas mengenai nasehat-nasehat beserta dalilnya. Kedua, metode pembelajaran Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul adalah dengan menggunakan metode ceramah (mauidloh hasanah) satu arah. Ketiga, implikasi pembelajaran Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin adalah dengan menguatnya sikap tenggang rasa, toleran, menanamkan hidup seimbang, membiasakan hidup adil dan menyeru pada amar ma’ruf nahi munkar, serta damai dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Kata kunci: majelis ta’lim, internalisasi nilai, Islam rahmatan lil alamin, Habib Sholeh Tanggul This study aims to reveal the material, methods and learning implications of the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul in internalizing the Islamic values ​​of rahmatan lil alamin. This study uses a qualitative approach with the type of case study. Data are obtained by observation, interviews, and documents. Data analysis used interactive analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study reveal: First, the learning materials for the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul in internalizing the Islamic values ​​of rahmatan lil alamin, namely studying thematic material that adapts to the latest momentum, moral learning and learning the Risalatul Muawwanah book which includes advice and the argument. Second, the learning method of the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul is by using the one-way lecture (mauidloh hasanah) method. Third, the learning implications of the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul's learning implications in internalizing the Islamic values ​​of rahmatan lil alamin are by strengthening tolerance, tolerance, instilling a balanced life, getting used to living justly and calling for amar ma'ruf nahi munkar, and peace with other people and the environment.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zainal Abidin -
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:09
Last Modified: 05 Apr 2023 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21786

Actions (login required)

View Item View Item