Khotimah, Khusnul (2017) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Terjemah Kitab ‘Izhat Al Nasyi’in Karya Syaikh Musthafa al-Ghalayain di Madrasah Diniyyah al-Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Khusnul Khotimah_084131338.pdf Download (13MB) |
Abstract
Indonesia saat ini sedang menghadapi dua tantangan besar yaitu desentralisasi dan era globalisasi total. Penyimpangan dan dekadensi moral yang terjadi pada kebanyakan manusia adalah disebabkan oleh lemahnya atau kurangnya pendidikan karakter seseorang, lingkungan yang buruk, serta gencarnya media sehingga akses apapun dapt lebih diterima masyarakat dan bahkan tanpa adanya penyaringan mana yang baik dan yang buruk. Untuk menghadapi tantangan tersebut, maka Indonesia harus mampu meningkatkan kualitas serta membentuk sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas karakter yang handal dan berbudaya. Oleh karena itu, peran Madrasah yang juga merupakan lembaga pendidikan Islam dibangun untuk mendidik dan mewujudkan peserta didik yang berkualitas, yang memiliki kepribadian secara menyeluruh dan seimbang serta mampu berkarya mewujudkan eksistensi dirinya dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada Allah dalam terjemah kitab ‘Izhat Al Nasyi’in karya Syaikh Musthafa alGhalayain di Madrasah Diniyah al-Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada sesama dalam terjemah kitab ‘Izhat Al Nasyi’in karya Syaikh Musthafa al-Ghalayain di Madrasah Diniyah al-Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada lingkungan dalam terjemah kitab ‘Izhat Al Nasyi’in karya Syaikh Musthafa al-Ghalayain di Madrasah Diniyah al-Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada Allah dalam terjemah kitab ‘Izhat Al Nasyi’in karya Syaikh Musthafa al-Ghalayain di Madrasah Diniyah alAmiriyyah Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk Mendeskripsikan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada sesama dalam terjemah kitab ‘Izhat Al Nasyi’in karya Syaikh Musthafa al-Ghalayain di Madrasah Diniyah al-Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk Mendeskripsikan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada lingkungan dalam terjemah kitab ‘Izhat Al Nasyi’in karya Syaikh Musthafa alGhalayain di Madrasah Diniyah al-Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif Deskriptif dengan jenis penelitian Field research dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam terjemah kitab ‘Izhat Al Nasyi’in di Madrasah Diniyyah Al-Amiriyyah Tegalsari Banyuwangi menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai pendidikan karakter yang diterapkan dalam membentuk kepribadian santri yakni: (1) implementasi nilai-nilai digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix pendidikan karakter dalam hubungannya kepada Allahyang meliputi ikhlas, raja’, dan tawakkal. Adapun penerapannya adalah melalui metode keteladanan dan pembiasaan yaitu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang sudah terjadwal yang sifatnya wajib bagi santri sehingga akan tertanam dalam jiwa santri tersebut sifat ikhlas. Sedangkan raja’ ini diwujudkan melalui kegiatan sholat tahajjud dan sholat dhuha serta berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran diniyyah dimulai, yang tentunya disertai dengan usaha santri seperti halnya dengan adanya Takror secara rutin. Selanjutnya setelah hasil belajar mereka keluar, mereka secara bersama-sama mengevaluasi hasil belajar mereka sebagai wujud menerapkan nilai tawakkal. (2) implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada sesama; yang meliputi berani, percaya diri, jujur, kerja keras, tolong-menolong, serta sadar akan hak dan kewajiban diri sendiri dan orang lain. Adapun penerapannya adalah menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan yaitu melalui perlombaan-perlombaan atau event-event yang diadakan Madrasah Diniyyah maupun Pondok Pesantren seperti adanya lomba dan wisuda muhafadzoh, lomba khitobah, qiro’ah, tes kitab, dan lain-lain, serta adanya beberapa kegiatan yang sudah terjadwal maupun kegiatan yang merupakan inisiatif dari santri itu sendiri seperti kegiatan mufada dan ihfadz. (3) implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam hubungannya kepada lingkungan yang meliputi menjaga dan melestarikan lingkungan serta cinta tanah air. Adapun penerapannya adalah dengan metode keteladanan dan pembiasaan yaitu melalui piket atau ro’an kebersihan yang ada di Pondok Pesantren maupun madrasah Diniyyah serta adanya kantin sehat dalam menerapkan menjaga dan melestarikan lingkungan. Sedangkan penerapkan cinta tanah air ini adalah melalui event-event seperti memperingati upacara HUT RI dengan mengadakan lomba-lomba agustusan dan karnaval santri, dan juga memperingati hari pahlawan, hari kartini, hari ibu dan lain sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:46 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21802 |
Actions (login required)
View Item |